Saturday , November 25 2017
Home / Seputar Hidroponik / Hidroponik vs. Aquaponik

Hidroponik vs. Aquaponik

Budidaya hidroponik membutuhkan penggunaan nutrisi yang cukup mahal dan diracik dari bermacam-macam elemen serta garam kimia yang berbeda. Sedangkan aquaponik hanya membutuhkan kita memberi makan pada ikan saja.

aquaponic-cycleApa sih Aquaponik itu? Definisi sederhananya adalah perpaduan dua sistem yaitu “aquaculture” (budidaya ikan) dan hidroponik (menanam tanpa media tanah) yang diintegrasikan dalam satu kesatuan.

Aquaponik juga memanfaatkan air sebagai media tanam namun perbedaan yang paling mencolok dengan hidroponik adalah aquaponik tidak membutuhkan nutrisi. Lalu nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman didapatkan dari mana?

how-aquaponics-worksKotoran ikan merupakan sumber nutrisi organik bagi tanaman dan pada saat yang sama tanaman juga berfungsi sebagai filter air alami untuk kolam ikan. Selain itu juga melibatkan bantuan dari bakteria mikroba yang membantu proses nitrifikasi yang terjadi pada media tanam hidroponik. Mikroba inilah yang mengubah asam amonia dari kotoran ikan menjadi nitrat yang merupakan nutrisi bagi tanaman.

Pada sistem aquaponik kita hanya butuh menambahkan air pada kolam / aquarium dan tidak perlu harus selalu mengganti air seperti pada sistem hidroponik kecuali apabila terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan (penyakit pada ikan).

Aquaponik menciptakan suatu lingkungan ecosystem dimana semua mahluk dan tumbuhan hidup saling berinteraksi dan menciptakan proses simbiosis.

hidroponik-aquaponik

Sumber:

The Garden Fish Tank: The Future of Sustainability and Indoor Gardening – Infographic

Check Also

john-edel

The Plant

The Plant memasok seluruh energi dan listrik yang dibutuhkan dari hasil proses sampah organik menggunakan …

9 comments

  1. saya sedang berusaha mebncari dan berbuat,untuk bertanam hydroponik, di pekarangan rumah.

  2. Vdan bisa di kembangkan di pondok-pondok pesantren atau rumah panti sosial yayasan yatim piatu.

    • Salam kenal pak Deddi! Kami sangat senang bapak tertarik dan berminat untuk belajar hidroponik. Kami memiliki halaman di Facebook untuk berbagi pengetahuan serta jual / beli semua kebutuhan dan perlengkapan hidroponik di alamat berikut, dan silakan untuk “Like” halaman tersebut untuk mendapatkan update terbaru mengenai hidroponik. https://www.facebook.com/hidroponiq

      Kami juga telah menulis artikel “Hidroponik Untuk Pemula” khusus bagi mereka yang ingin belajar hidroponik di: http://hidroponiq.com/2014/07/hidroponik-untuk-pemula/

      Terima kasih telah mampir dan salam hijau!

  3. Pak. Saya ingin sekali mengaplikasikanya d pekarangan rumah. Cuman saja. Alat2nya itu yg msih bingung dan d prlukan apa saja…?

  4. bacteria nya itu dari mana ya?

  5. Saya tertarik dengan sistem aquaponic karena tidak menggunakan bahan kimia. Untuk wadahnya cara memperolehnya bisa beli di mana?