Sunday , April 28 2024
Home / Seputar Hidroponik / Hidroponik vs. Aquaponik

Hidroponik vs. Aquaponik

Budidaya hidroponik membutuhkan penggunaan nutrisi yang cukup mahal dan diracik dari bermacam-macam elemen serta garam kimia yang berbeda. Sedangkan aquaponik hanya membutuhkan kita memberi makan pada ikan saja.

aquaponic-cycleApa sih Aquaponik itu? Definisi sederhananya adalah perpaduan dua sistem yaitu “aquaculture” (budidaya ikan) dan hidroponik (menanam tanpa media tanah) yang diintegrasikan dalam satu kesatuan.

Aquaponik juga memanfaatkan air sebagai media tanam namun perbedaan yang paling mencolok dengan hidroponik adalah aquaponik tidak membutuhkan nutrisi. Lalu nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman didapatkan dari mana?

how-aquaponics-worksKotoran ikan merupakan sumber nutrisi organik bagi tanaman dan pada saat yang sama tanaman juga berfungsi sebagai filter air alami untuk kolam ikan. Selain itu juga melibatkan bantuan dari bakteria mikroba yang membantu proses nitrifikasi yang terjadi pada media tanam hidroponik. Mikroba inilah yang mengubah asam amonia dari kotoran ikan menjadi nitrat yang merupakan nutrisi bagi tanaman.

Pada sistem aquaponik kita hanya butuh menambahkan air pada kolam / aquarium dan tidak perlu harus selalu mengganti air seperti pada sistem hidroponik kecuali apabila terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan (penyakit pada ikan).

Aquaponik menciptakan suatu lingkungan ecosystem dimana semua mahluk dan tumbuhan hidup saling berinteraksi dan menciptakan proses simbiosis.

hidroponik-aquaponik

Sumber:

The Garden Fish Tank: The Future of Sustainability and Indoor Gardening – Infographic

Check Also

john-edel

The Plant

The Plant memasok seluruh energi dan listrik yang dibutuhkan dari hasil proses sampah organik menggunakan …

14 comments

  1. saya sedang berusaha mebncari dan berbuat,untuk bertanam hydroponik, di pekarangan rumah.

  2. Vdan bisa di kembangkan di pondok-pondok pesantren atau rumah panti sosial yayasan yatim piatu.

    • Salam kenal pak Deddi! Kami sangat senang bapak tertarik dan berminat untuk belajar hidroponik. Kami memiliki halaman di Facebook untuk berbagi pengetahuan serta jual / beli semua kebutuhan dan perlengkapan hidroponik di alamat berikut, dan silakan untuk “Like” halaman tersebut untuk mendapatkan update terbaru mengenai hidroponik. https://www.facebook.com/hidroponiq

      Kami juga telah menulis artikel “Hidroponik Untuk Pemula” khusus bagi mereka yang ingin belajar hidroponik di: https://hidroponiq.com/2014/07/hidroponik-untuk-pemula/

      Terima kasih telah mampir dan salam hijau!

  3. Pak. Saya ingin sekali mengaplikasikanya d pekarangan rumah. Cuman saja. Alat2nya itu yg msih bingung dan d prlukan apa saja…?

  4. bacteria nya itu dari mana ya?

  5. Saya tertarik dengan sistem aquaponic karena tidak menggunakan bahan kimia. Untuk wadahnya cara memperolehnya bisa beli di mana?

  6. Selamat pagi…
    saya mau tanya… kira kira…sudah adakah sistem monitoring terhadap pengelolaan hydroponik atau aquaponik yang diterapkan sehngga memungkinkan pengguna/petani/pemilik hanya mengontrol area kebun hydroponik/aquaponik hanya dari jarak jauh..??
    atau sepnegetahuan bapak, sistem kontrol seperti apakah yang masih diperlukan untuk meningkatkan pengelolaan hydroponik/aquaponik ??
    Kebetulan saya ingin mengembangkan sebuah sistem kontrol pengelolaan tanaman hydroponik dimana proses pemberian makanan/nutrisi diberikan bukan berdasarkan kadar secara teori tetapi berdasarkan tingkat kebutuhan tanaman yang didapat dari foto udara terhadap daun tanaman..
    terimakasih…

    • Selamat pagi juga. Menjawab pertanyaan Anda, pertama-tama saya ingin tahu terlebih dahulu, apakah Anda pernah berkecimpung di dunia hidroponik? Maksud saya adalah; pernah menanam, merawat hingga panen secara hidroponik? Kalau Anda belum pernah melakukan ini semua maka sulit bagi saya untuk menjelaskan sistem kontrol apa yang dibutuhkan. Analogi yang lebih tepat adalah: bila Anda seorang programmer dan ingin membuat sebuah program/sistem akuntasi tetapi Anda sendiri tidak mengerti akuntansi, maka akan sangat sulit bahkan tidak mungkin untuk dapat menerangkan secara detail apalagi bagi Anda untuk dapat menangkap dan menghargai kerumitan yang ditemui dalam sistem akuntasi.

      Drone bisa dipakai untuk area TERBUKA, tetapi kalau kita bicara sistem hidroponik, kita bicara tentang area tertutup (dalam greenhouse) yang dilengkapi dengan sistem otomatis fogging (misting), dll.

      Untuk pemberian nutrisi dan pengecekan pH bisa dilakukan secara otomatis menggunakan sistem autodosing, tetapi Anda harus MENGERTI terlebih dahulu pH itu apa dan bagaimana dampaknya terhadap tanaman. Nutrisi terdiri dari 16 macam kandungan, kelebihan/kekurangan nutrisi dapat membunuh tanaman seperti halnya pada manusia bila kekurangan atau kelebihan nutrisi, ada dampaknya. Anda harus mengerti ini semua, jadi bukan hanya semata klik tombol. Berikut contoh autodosing: https://www.youtube.com/watch?v=KMfDRgFRmaI

      Setiap tanaman membutuhkan pH dan dosis nutrisi yang berbeda, jadi TIDAK ADA istilah “One Size Fits All”. pH dan pemberian dosis nutrisi untuk selada berbeda dengan pH dan dosis nutrisi untuk sayur Kale, berbeda untuk tomat, berbeda untuk pepper, dll. Selain itu, temperatur air dan kelembaban udara juga sangat berpengaruh pada pemberian dosis nutrisi. Banyak variable yang harus dipertimbangkan dan semua ini hanya bisa dipelajari berdasarkan 10% teori, 90% PENGALAMAN.

      Berikut contoh greenhouse canggih di Jepang:
      https://hidroponiq.com/2014/08/grandpa-dome-pertanian-hidroponik-masa-depan/

      Salam.

      • Terima kasih atas penjelasannya pa…
        sebenarnya Saya bukan mempelajari bidang hydroponik karena latar saya adalah teknik komputer yang belajar tentang mikrokontroller sensor dan programming. Namun, Saya sangat tertarik kepada alternatif pertanian hydroponik ini, sehingga dengan ketersediaan komponen sensor yang cukup di pasaran, saya tertarik untuk mengembangkan model-model kontrol terhadap tanaman hydroponik. saya juga akan berusaha untuk mmepelajari keilmuannya dulu karena memang sangat diperlukan. apakah saya bisa berkonsultasi dengan bapak secara terus menerus lewat media ini pa..?? atau kalao sekiranya punya link-link berhubungan dengan teknologi kontrol tanaman hydroponik, apakah saya bisa dibantu untuk dikirimkan agar dapat saya jadikan acuan untuk mempelajarinya, pa..?? Teria kasih..

        • Bagus sekali bila Anda tertarik untuk menggabungkan teknologi dengan hidroponik. Saran saya; pertama adalah membekali diri dengan pengetahuan hidroponik. Dalam blog ini sudah cukup banyak artikel yang saya tulis seputar dunia hidroponik. Setelah itu beranjak ke “hands-on” dengan langsung terjun menjalani hidroponik untuk mendapatkan “feel” rutinitas yang harus dijalani dan apa-apa saja yang sifatnya repetitif dan sekiranya dapat diotomatisasi. Banyak sekali yang dapat dikerjakan dalam hidroponik dengan memanfaatkan teknologi. Silakan email ke: [email protected] untuk diskusi lebih lanjut. Saya akan sangat senang berbagi pengetahuan dengan Anda. 🙂

  7. Pemula yang baru mulai belajar boss. Minta bimbingan dan arahan nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *