Saturday , April 27 2024
Home / Referensi / Takaran Penggunaan Hidrogen Peroksida

Takaran Penggunaan Hidrogen Peroksida

takaran-hidrogen-peroksida

Bila Anda ingin menggunakan hidrogen peroksida (H2O2) untuk berkebun, maka Anda juga membutuhkan informasi takaran yang aman bagi tanaman. Perlu juga diketahui bahwa ada 2 jenis hidrogen peroksida yang dijual di pasaran (apotik / toko kimia), yaitu: H2O2 dengan kadar 3% atau kadar 35%.

Berikut adalah tabel takaran penggunaan H2O2.

1 Cup = 0.23659 Liters
1 Pint = 0.47318 Liters
1 Quarts = 0.94635 Liters (4 Cups)
1 Gallon = 3.7854 Liters (4 Quarts)

Untuk menyiram dan menyemprot, untuk merendam benih, dan untuk ditambahkan pada air yang dipakai untuk mencuci hasil semai:

AIR YANG AKAN DICAMPUR TAMBAHKAN H2O2 (3%)    atau H2O2 (35%)
1 cup 1,5 sendok TEH 7 – 10 tetes
1 quart 2 sendok MAKAN 1/2 sendok TEH
1 gallon 1/2 cup 2 sendok TEH
5 gallons 2,5 cups 3 sendok MAKAN + 1 sendok TEH
10 gallons 5 cups 6 sendok MAKAN + 2 sendok TEH
20 gallons 10 cups 3/4 cup + 1 sendok MAKAN + 1 sendok TEH

Untuk disemprotkan pada tanaman sakit dan berjamur:

AIR YANG AKAN DICAMPUR TAMBAHKAN H2O2 (3%)    atau H2O2 (35%)
1 cup 1 sendok MAKAN 1/4 sendok TEH
1 pint 2 sendok MAKAN 1/2 sendok TEH
1 quart 1/4 cup 1 sendok TEH
1 gallon 1 cup 1 sendok MAKAN + 1 sendok TEH
5 gallons 5 cups 6 sendok MAKAN + 2 sendok TEH
10 gallons 10 cups 3/4 CUP + 1 sendok MAKAN + 1 sendok TEH
20 gallons 20 cups 1,5 cup + 2 sendok MAKAN + 2 sendok TEH
MOHON DIPERHATIKAN DAN JANGAN SAMPAI SALAH MEMBACA ANTARA KOLOM 3% DAN 35% DENGAN H2O2 YANG ANDA PAKAI!

Seperti yang dapat Anda lihat, perbedaan takaran H2O2 yang dipakai pada tabel untuk penyemprotan tanaman yang sakit dan berjamur adalah 2 x lipat dibanding dengan tabel pertama. Jangan sampai larutan campuran H2O2 yang dipakai terlalu kuat sehingga malah dapat membunuh tanaman. Sama halnya dengan obat, apabila dosis yang dimakan terlalu tinggi justru dapat berakibat fatal.

Sumber & Referensi:

Konversi: http://www.metric-conversions.org/
Mixing charts for gardening with hydrogen peroxide

Check Also

yellow_leave

Mengapa Daun Tanaman Menguning?

Perubahan warna pada daun tanaman adalah tanda pertama atau gejala yang terlihat apakah tanaman sehat atau tidak. Mereka memiliki mekanisme bertahan hidup alami yaitu dengan merontokkan daunan untuk menghemat konsumsi makanan dan proses tersebut diawali dengan perubahan warna pada daunan.

37 comments

  1. Bang gunakan satuan liter aja napa, cup cap cip cep galon galuunnn. Ada yg mudah ditulis riwer

    • Cobalah untuk belajar menghargai; referensi takaran sudah tersedia, artikel yang aslinya bebahasa Inggris sudah saya terjemahkan untuk mempermudah bagi yang kesulitan membaca literatur Inggris, masa menghitung juga harus minta diajari? Coba berusaha sedikit, jangan hanya mau disuapin terus.

      • Contoh:

        1 cup 0.23659 : 1 gallon 3.7584 = 0.06250 liter <= untuk h2o2 3%. Digunakan untuk penyemprotan jamur.

        Jadi setiap liter air campurkan 0.06250 liter atau 62.5 mili liter H2o2 3% lalu semprotkan pada tanaman yang terkena jamur. Begitu kan pak,,?

        • Kalau menurut rumus di atas H2O2 3%; untuk setiap galon 3.8L (3800 ml) tambahkan ½ cup (0,24L = 240 ml/2 = 120 ml). Jadi untuk setiap 1 L (1000ml) butuh 120ml/3.8 atau sekitar 32 ml => 1 Liter air tambahkan 32 ml H2O2.

          • Baik pak, yang saya tulis diatas adalah untuk penyemprotan. perbandingannyya 1 gallon air 1 cup h202 3%.

            1 galon (3.8L) tambahkan 1 cup(0.24=240ml.

            Jadi, setiap 1L (1000ml) butuh 240ml/3.6 atau sekitar 62.5 ml => 1 Liter ai tambahkan 62.5 ml h2o2 3%.

            Ini untuk dosis semprot pada tabel ke dua. Benar kan pak?

          • Betul.

          • Maaf mau nanya kalau H2O2 yang 0,1% bisa dicampur lagi dengan air untuk spray gak?

          • Bisa saja tetapi applikasinya untuk apa? dan juga efektivitasnya juga masih harus dibuktikan. Kalau di luar negeri, H2O2 dengan kadar 3% itu dipakai sebagai cairan pembersih luka. Dari sana kita bisa melakukan trial & error berapa kadar H2O2 yang tepat. Sama seperti obat, kalau dosisnya kurang, ya ditambah, dan dikurangi kalau sebaliknya.

      • Sabar bang, memang semua mau mudah. Padahal yang bisa sukses hanya yang mau belajar.
        Terus nyemprotnya berapa kali.
        Terimakasih

  2. penggunaan harian di tandon yang sudah ada nutrisinya ada takarannya mas?
    dan juga untuk sterilisasi tandon dan pipa?

    • Tergantung ukuran tandon, dan pakainya tidak perlu setiap hari. Cukup 1 minggu 1 x saja. Kalau untuk sterilisasi pipa / tandon lebih baik gunakan chlorine (penjernih kolam air renang). Jangan lupa bilas sampai bersih sebelum dipakai untuk nutrisi lagi.

      • saya pakai tandon 200ltr mas
        clorine berapa persen dan pemakaiannya berapa gram mas?

        • Tabel sudah tersedia diatas, silakan dikalkulasi sendiri. Perhatikan kadar H202 yang dipakai. Untuk chlorine, saya biasanya pakai yang tablet, banyak dijual di marketplace. Kalau pakai sistem NFT, tandon saya isi beberapa tablet (pake rumus kira-kira), lalu saya biarkan sistem berjalan semalam dengan larutan chlorine yg sudah tercampur dalam tandon. Saya menggunakan gully, jadi mudah untuk membersihkan karena bagian tutupnya bisa dibuka. Setelah itu tandon & gully disikat dan disemprot air bersih sampai benar-benar bersih sebelum disi dengan nutrisi baru untuk tanaman baru. Jangan lupa untuk mencatat takaran yg digunakan sebagai dokumentasi sendiri. Selamat mencoba.

      • Bener pak….
        Saya cukup berterimakasih dan sangat menghargai atas infonya bpk

    • Kalau utk membunuh rumput takaranya berapa y pak

      • Saya tidak pernah menggunakan H2O2 untuk membasmi gulma/rumput liar. Coba pakai air panas, cuka, pemutih/bleach atau beli Roundup yang memang peruntukannya membasmi rumput liar. Lebih murah dan efektif.

  3. Pak, agar memduahkan buatlah ujuran umum, liter. Begini mah menyulitkan yg awam. Bapak2 yang tua. Menyusahkan org lain juga menyusahkan kita

  4. Pak mohon bantuan.

    Berapa takaran h2o2 3% untuk dicampurkan langsung pada bak nutrisi?. Sebab takaran diatas tabel pertama benih, tabel ke dia semprot.

    Berapa ya pak jika untuk campuran ditandon?

  5. Bisa minta takaran pakau takaran cc/ml, saya kurang paham yg di tabel

  6. Sy gunakan 10 ml per liter Air

  7. ini takaran orang amerika yang masih pakai ukuran imperial (inch feet oz dst.) sebaiknya tidak digunakan karena tidak umum dan pada dasarnya tidak standar. contoh 1 cup/feet/gallon itu tepatnya berapa? pada akhirnya tetap disandarkan kepada ukuran metrik. contoh 1 feet = 304.8mm (karena tidak jelas feet/kaki siapa yang mau dijadikan standar).

    sebetulnya di amerika sendiri, ukuran imperial tidak digunakan dalam sains. cuma orang awam dan resep masakan ibu-ibu yang masih menggunakan ukuran cup / gallon. pekerja dan tukang juga masih menggunakan inch feet. di kalangan ilmiah sama sekali tidak digunakan karena ya tidak mungkin lah.. kalau anda ilmuwan ya otomatis mengerti sendiri.

    in short: penggunaan ukuran imperial (inch feet cup gallon dst) adalah indikasi dari kurangnya pendidikan.

    • Memang benar ukuran yang dipakai sebagai referensi di artikel ini masih menggunakan ukuran imperial yang sudah banyak ditinggalkan oleh banyak negara kecuali Amerika. Tidak ada salahnya kita mengenal ukuran imperial untuk memperluas wawasan bahwa standar ukuran tersebut ADA! Sama halnya dengan tahun kalender; bangsa Cina, Islam, Hindu memiliki sistem kalender berbeda dengan sistem kalender Gregorius, apakah ini berarti mereka kurang pendidikan? Tidak ada kaitannya antara kurangnya pendidikan dengan suatu sistem yang dianut/dipakai. Terima kasih telah berbagi. Salam hijau!

      • Hm maaf, saya keliru kalau penggunaan USC sebagai indikasi kurang pendidikan. Lebih tepatnya adalah kurang pengetahuan tentang (natural) sains. Kalau doktor ilmu soisal/politik, ya mungkin tidak pernah menggunakan ukuran ini.

        Membandingkan penggunaan satuan imperial dengan kalender? itu saya tidak paham apa hubungannya, sepertinya itu logical/proposiona fallacy. Kalau mau analogi yang lebih tepat, penggunaan sistem imperial itu sama seperti menghitung masih menggunakan angka romawi.

        • Terima kasih atas pencerahannya dan telah mampir berbagi. Salam hijau dan salam sehat selalu.🙏

        • Si paling tidak pendidikan

          Monmaap ya mas sipaling berpendidikan, ngukur satuan cup / tsp / tbsp /gallon dll itu mudah banget kok.
          Sendok takarnya byk dijual di toko alat dapur dan baking.

          1 pint = 470ml / 500ml kurang dikit
          1 quart = seliter kurang dikit
          1 gallon = 4 liter kurang dikit.

          Kalo ky gitu doang ga mau berusaha mencerna, bukan salah penulisnya dong

  8. Pa kalau untuk basmi rumput liar dikebon berapa ml untuk 1ltr air

    • H2O2 yang berapa persen? 3%, 35%, 50%??? Jangan ragu untuk bereksperimen… kalau sudah ketemu takarannya silakan berbagi disini untuk pembaca lain. Salam sehat selalu dan salam hijau.🙏

    • Mohon koreksi, tandon nutrisi saya kapasiyas 1200 liter, tadi saya masukin h202 50% seberat 770 gram apa aman tanaman saya ,atau mati karena kepekatan, saya pernah baca2..utk h2o2 yg kadar 50% dosisnya utk nutrisi adalan1-2 ml per 1 liter..saya pikir ini masih di bawah standar, jadi masih aman, tapi jikalau kepekatan dan membahayakan tanaman apa yg harus di lakukan..mohon petunjuk? Masih pemula hidroponik

      • H2O2 yang dilarutkan dalam air akan perlahan-lahan hilang setelah beberapaa (4-5) hari. Jadi kalau misalnya terlalu pekat, tambahkan air atau diamkan saja beberapa hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *