Saturday , April 27 2024
Home / Seputar Hidroponik / Hidroponik Untuk Pemula
hydroponic

Hidroponik Untuk Pemula

PhotosynthesisCahaya / Sinar

Pencahayaan adalah faktor penting lainnya dalam pertumbuhan tanaman selain air dan nutrisi. Di alam terbuka pencahayaan sangat tergantung pada sinar matahari. Ada jenis-jenis tanaman yang hanya dapat tumbuh pada suatu daerah tertentu. Dengan adanya pencahayaan sinar matahari, klorofil yang terdapat pada sel-sel daun akan menjadi aktif dan terjadi proses fotosintesis. Proses ini akan membentuk karbohidrat. Berikut adalah beberapa dampak cahaya pada tanaman:

Siklus Hidup

Siklus hidup tanaman tergantung dari jumlah banyaknya sinar matahari yang dapat diserap dan bervariasi pada setiap musim. Semakin sedikit pencahayaan yang diterima, semakin sedkit klorofil yang diproduksi, dan dengan sendirinya lebih sedikit makanan yang dapat diproduksi untuk kebutuhan pertumbuhan.

Daun

Laju pertumbuhan tanaman dapat diukur dan terlihat dari batang serta daunnya. Kurangnya cahaya dapat menghambat pertumbuhan dan terkadang juga berakibat tanaman tidak berbunga.

Buah

Tanaman yang menghasilkan buah membutuhkan cahaya dalam jumlah banyak untuk pembentukan buah. Pembuahan juga tergantung dari faktor lainnya seperti: jarak / ruang antara pohon, jenis buah serta variasi waktu penyinaran yang diterima.

Geografis

Cahaya menentukan flora dari suatu wilayah geografis. Wilayah hutan tropis memiliki jenis tanaman yang lebih beragam karena mendapat cahaya matahari yang berlimpah ditambah dengan faktor pertumbuhan lainnya.

Setiap cahaya berbeda dan bervariasi tergantung dari kualitas, sumbernya dan bahkan intensitasnya. Spektrum cahaya terdiri dari berbagai gelombang warna – VIBGYOR. Umumnya gelombang warna hijau dan kuning dipantulkan sedangkan gelombang warna lainnya diserap. Dari berbagai gelombang warna tersebut, yang paling penting adalah gelombang warna biru – yang mendorong pertumbuhan daun, dan gelombang warna merah – yang sangat membantu selama fase berbunga.

Sumber cahaya bisa didapat secara alami (matahari) atau buatan, seperti lampu neon atau lampu pijar. Sinar matahari adalah pilihan terbaik karena memiliki spektrum warna yang lengkap dan gelombang warna biru serta merah yang seimbang. Dari semua jenis cahaya buatan, sinar lampu pijar dianggap yang paling buruk – selain memancarkan radiasi panas yang berlebihan, gelombang warna yang dihasilkan juga tidak mencukupi untuk pertumbuhan tanaman.

Intensitas cahaya mengacu pada jumlah atau kekuatan sinar yang diterima. Jenis tanaman yang berbeda membutuhkan waktu pencahayaan yang berbeda pula, atau disebut photoperiod yang sangat mempengaruhi masa berbunga.

 

Check Also

john-edel

The Plant

The Plant memasok seluruh energi dan listrik yang dibutuhkan dari hasil proses sampah organik menggunakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *