Saturday , November 25 2017
Home / Tips / Hidrogen Peroksida

Hidrogen Peroksida

h2o2-use

Selain murah dan mudah didapat, hidrogen peroksida sangat bermanfaat dalam mambasmi serangga, hama penyakit serta busuk akar pada tanaman.

hidrogen-peroksida-h2o2Hidrogen peroksida (H2O2) adalah molekul air dengan tambahan atom oksigen dan molekul ini tidak stabil. Atom oksigen tambahan ini mudah lepas dari molekul air dan menempel atau bergabung dengan molekul lain yang dapat ditempel.

Hidrogen peroksida dengan kadar 3% mudah didapat dari toko obat atau apotik dan sering dipakai sebagai pembersih luka luar seperti bekas goresan, kena pisau, dll. Selain itu juga sering dipakai untuk mengobati sariawan dan melunakkan kotoran dalam telinga.

Pada saat hidrogen peroksida menyentuh sesuatu yang tidak “murni”, akan terdengar suara mendesis. Suara mendesis ini adalah proses atom oksigen yang sedang melepas diri dari molekul air dan akan tampak berbuih – seperti pada saat kita menuang minuman soda ke dalam gelas.

Video di bawah ini adalah contoh bagaimana hidrogen peroksida kadar 30% bereaksi pada saat dicampur dengan darah. Sel organik (darah) tersebut diserang dan dihancurkan oleh proses pelepasan atom oksigen. Cairan hidrogen peroksida kadar 3% cukup aman bagi kulit manusia namun sangat efektif untuk membasmi hama serangga seperti aphids dan dapat membersihkan larutan nutrisi hidroponik dari bakteria yang dapat menyebabkan pembusukan akar (phytium).

Banyak sekali jenis penyakit yang disebabkan oleh organisme mikro dan spora (jamur) serta materi organik lainnya (daun dan akar) yang dapat menimbulkan pembusukan dan menyebar dapat dibasmi dengan dan dari proses pelepasan atom O (oksigen). Hidrogen peroksida dapat menghentikan proses penyebaran penyakit dan pembusukan sehingga efektif untuk menanggulangi penyebaran algae / ganggang.

CARA PENGGUNAAN

Untuk penyemprotan hama serangga seperti aphids dan lainnya, buatlah larutan yang dimasukkan ke dalam botol semprot dan terdiri dari bahan berikut:

  • ¼ gelas hidrogen peroksida 3%
  • 2 sendok makan alkohol kumur (listerine)
  • ¼ sendok makan sabun cuci piring (sunlight)

Campur dan masukkan ke dalam botol semprot dan gunakan untuk menyemprot daun tanaman seminggu sekali atau dua kali.

Untuk membersihkan busuk akar pada hidroponik, gunakan hidrogen peroksida 3% dan campurkan ke dalam larutan nutrisi. Selain dapat berfungsi sebagai disinfektan dalam membasmi bakteria juga menambah pasokan oksigen ke dalam larutan nutrisi.

Sumber:
Using Hydrogen Peroxide to Treat and Prevent Root Rot
How to Use Hydrogen Peroxide to Kill Bugs in Plant Soil
Gunakan Hidrogen Peroksida, Yang Efektif Membersihkan Berikut Ini

Check Also

bitter-lettuce

Rasa Pahit Pada Lettuce

Pada umumnya, rasa pahit pada daun lettuce adalah hasil dari proses alami yang disebut bolting atau proses maturitas yang dipaksakan (prematur).