Sunday , September 24 2017
Home / Seputar Hidroponik / The Plant
john-edel

The Plant

the-plant-diagram

The Plant memasok seluruh energi dan listrik yang dibutuhkan dari hasil proses sampah organik menggunakan Anaerobic Digester.

The Plant adalah sebuah konsep unik yang dicetuskan dan dimotori oleh John Edel, seorang Entrepreneur, Industrial Designer dan Green Enthusiast yang akan mentransformasi sebuah pabrik bekas pemrosesan dan pengepakan daging seluas kira-kira 8.600 m2 yang telah tutup dan dibeli pada tahun 2010 di Chicago, Amerika Serikat untuk dijadikan sebuah pusat makanan serta budi daya pertanian secara vertikal (aquaponik).

Uniknya, seluruh energi yang dibutuhkan dan dipakai untuk kebutuhan listrik, pemanas dan pendingin gedung serta seluruh proses untuk menghasilkan makanan semuanya didapatkan dari hasil daur ulang sampah organik sisa-sisa makanan. Tidak ada sampah organik yang terbuang.

Para penghuni di dalam The Plant terdiri dari toko roti, industri teh Kombucha (brewery), 3 budi daya aquaponik, budi daya jamur, peternakan ikan mujair (tilapia), pembuatan bir (brewery), dan restoran komersial. Jantung atau inti dari The Plant adalah Anaerobic Digester, yaitu suatu teknologi untuk mengubah sisa-sisa atau sampah organik menjadi bio gas (methane) yang dihubungkan ke turbin untuk menghasilkan seluruh kebutuhan listrik The Plant.

Pada saat semuanya telah siap dan beroperasi, tidak ada sedikitpun sisa sampah organik yang terbuang. Sisa gandum dan sampah organik dari produksi bir akan menjadi pakan ikan di peternakan ikan, kotoran ikan yang dibawa air akan menyuburkan budi daya jamur dan dipakai untuk sistem irigasi aquaponik, dan sebaliknya air tersebut akan tersaring dari media tanam dan dipompa kembali ke dalam kolam ikan.

Saat ini, pemasangan sistem pemanasan gedung serta listrik sedang dikerjakan dan diperkirakan akan rampung tahun depan. Sistem ini akan mampu memberi pasokan listrik dan panas dari gas methane yang dihasilkan dari proses sampah organik.

Konstruksi dapur umum akan rampung pada tahun 2014, selanjutnya adalah penyelesaian kebun di atap, dan secara keseluruhan, termasuk area bersama diperkirakan akan selesai pada akhir tahun 2016 atau awal 2017.

  • the-plant
    The Plant – tampak dari luar.
  • roof-top-garden
    Atap yang akan ditanami budi daya hidroponik / aquaponik.
  • aquaponics-farm
    Lokasi yang disiapkan untuk aquaponik.
  • oyster-mushroom
    Budi daya jamur oyster.
  • under-grow-light
    Aquaponik indoor di bawah lampu.
  • under-grow-light
    Aquaponik indoor di bawah lampu.
  • amaranth-under-grow-light
    Aquaponik indoor di bawah lampu.
  • tilapia-tank
    Tangki ikan mujair (tilapia).
  • fish-tanks
    Peternakan ikan mujair.

 

Sumber:
The Plant Chicago
A Meatpacking Plant Transformed Into A Vertical Farm
After success with industrial space, designer plans urban farm

Check Also

ph-nutrient-chart

Apakah pH Air Penting?

Salah satu faktor terpenting dalam menanam secara hidroponik adalah pH air. Banyak sekali kegagalan atau …

One comment

  1. mantap banget……