Saturday , January 20 2018
Home / Question / Hidroponik vs. Metan Tanah

Hidroponik vs. Metan Tanah

Tanya JawabCategory: Seputar HidroponikHidroponik vs. Metan Tanah
Anonymous asked 3 years ago

Apakah ada perbedaan baik dari sisi bentuk maupun hasil panen dari tanaman yang sama tetapi ditanam menggunakan 2 metode yang berbeda, yaitu secara hidroponik dibanding dengan yang menggunakan media tanah?

1 Answers
King Tirto Staff answered 3 years ago

perbandingan-ukuran-tanaman

Selain masa panen yang lebih pendek (cepat), tanaman hidroponik umumnya memiliki sistem perakaran yang lebih kecil  dibanding tanaman yang menggunakan media tanah. Selain itu, tanaman hidroponik umumnya lebih besar serta hasilnya lebih banyak. Mengapa?

Bayangkan… semua kebutuhan nutrisi untuk tanaman hidroponik telah tersedia dan telah dilarutkan dalam air yang mengaliri / merendam akar tanaman. Artinya, akar tanaman hidroponik tidak perlu lagi bekerja keras, membuang energi untuk mencari dan menyerap nutrisi atau mengembangkan sistem perakaran mereka. Energi ini dapat disalurkan untuk kebutuhan lainnya seperti pertumbuhan, pembungaan dan pembuahan. Sedangkan tanaman yang ditanam pada media tanah masih harus mengembangkan sistem perakaran mereka lebih banyak, dan lebar untuk dapat menyerap air serta nutrisi agar mencukupi kebutuhan mereka.