Friday , October 20 2017
Home / Tips / Mengapa Daun Tanaman Menguning?

Mengapa Daun Tanaman Menguning?

yellow_leave

Tanaman dalam ruangan (indoor) maupun luar ruangan (outdoor) dapat secara tiba-tiba berubah warna daunnya menjadi kuning dan hal tersebut adalah suatu tanda atau gejala bahwa ada sesuatu yang terjadi dengan tanaman tersebut.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu daun tanaman berubah warna menjadi kuning antara lain:

Kurang Air

Bila tanaman kekurangan air, maka secara alami mereka akan memaksa diri untuk menggugurkan daunnya dengan tujuan untuk memperlambat proses transpirasi demi menghemat konsumsi air. Masuk akal? Pada awalnya tampak dari tepian daun yang mulai menggulung dan berubah menguning, dan bila terus dibiarkan tanaman akan mati.

Terlalu Banyak Air

Tidak hanya kekurangan air saja, terlalu banyak air juga dapat berdampak fatal pada tanaman. Sistem perakaran yang terlalu lama terendam dalam air mengakibatkan berkurangnya pasokan oksigen yang dibutuhkan sehingga terjadilah proses pembusukan dan kematian pada akar. Hal ini mengakibatkan berkurangnya daya serap akar dan akan tampak langsung dari perubahan warna daun seperti halnya pada tanaman yang kekurangan air meskipun penyebabnya berbeda.

Sinar Matahari

Kurang mendapatkan sinar matahari juga dapat memicu daun tanaman berubah menjadi kuning. Untuk mengatasi hal ini cukup dengan memindahkan tanaman ke tempat yang lebih banyak mendapatkan sinar matahari.

Sistem Perakaran & Nutrisi

Kerusakan pada sistem perakaran yang disebabkan karena wadah yang terlalu sempit untuk menampung perkembangan sistem perakaran dan kurang nutrisi juga dapat memicu daunan menguning. Untuk memperbaiki kondisi ini cukup dengan memindahkan tanaman ke dalam wadah (pot) yang lebih besar dan tambahkan nutrisi / pupuk.

Hama Penyakit / Serangga / Fungus

Hama penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteria, fungus atau serangga juga menjadi salah satu penyebab warna daunan berubah menguning.

Kesimpulan

Perubahan warna pada daun tanaman adalah tanda pertama atau gejala yang terlihat apakah tanaman sehat atau tidak. Mereka memiliki mekanisme bertahan hidup alami yaitu dengan merontokkan daunan untuk menghemat konsumsi makanan dan proses tersebut diawali dengan perubahan warna pada daun. Untuk memperbaiki kondisi tersebut, kita harus terlebih dahulu tahu (diagnosa) apa penyebabnya dan sering sekali solusinya terletak hanya pada merubah cara kita mengairi mereka.

Salam hijau!

Referensi:

Find Out Why Plant Leaves Turn Yellow
Are Yellow Leaves From a Lack of Water or Too Much?
Why Are My Plant’s Leaves Turning Yellow?

Tanaman dalam ruangan (indoor) maupun luar ruangan (outdoor) dapat secara tiba-tiba berubah warna daunnya menjadi kuning dan hal tersebut adalah suatu tanda atau gejala bahwa ada sesuatu yang terjadi dengan tanaman tersebut. Ada beberapa faktor yang dapat memicu daun tanaman berubah warna menjadi kuning antara lain: Kurang Air Bila tanaman kekurangan air, maka secara alami mereka akan memaksa diri untuk menggugurkan daunnya dengan tujuan untuk memperlambat proses transpirasi demi menghemat konsumsi air. Masuk akal? Pada awalnya tampak dari tepian daun yang mulai menggulung dan berubah menguning, dan bila terus dibiarkan tanaman akan mati. Terlalu Banyak Air Tidak hanya kekurangan air saja, terlalu…

Rate Artikel Ini

User Rating: 4.56 ( 7 votes)

Check Also

blossom-drop-tomato

Tomat: Gagal Berbunga dan Rontok

Salah satu permasalahan pada tanaman tomat (Solanum lycopersicum) yang ditanam di daerah panas adalah kegagalan membentuk bunga atau bunga yang telah terbentuk rontok.

6 comments

  1. hai..boleh saya tahu apa akan jadi jika trellis atau para untuk sokongan tanaman menjalar seperti petola atau timun lambat dipasang??

    • Untuk tanaman merambat sebaiknya dipasang setelah tanaman menginjak remaja. Namun bila tanaman terlambat dipasang juga gak masalah, yang penting pemberian pupuk/nutrisi dan sinar mencukupi.

  2. Bolehkah saya meminta sumber referensi dari artikel ini? Terimakasih sebelumnya 🙂

  3. Terimakasih… Bnyk ilmu yg saya dapat..