Wednesday , April 24 2024
Home / Hama & Penyakit / Tomat: Gagal Berbunga dan Rontok

Tomat: Gagal Berbunga dan Rontok

blossom-drop-tomato

Salah satu permasalahan pada tanaman tomat (Solanum lycopersicum) yang ditanam di daerah panas adalah kegagalan membentuk bunga atau bunga yang telah terbentuk rontok. Kondisi ini (blossom drop) biasanya disebabkan oleh faktor suhu udara yang terlalu panas, atau faktor lingkungan lainnya. Dampaknya adalah tomat tidak akan dapat menghasilkan buah. Varietas heirloom biasanya lebih rentan dibanding jenis hibrida yang memang diciptakan untuk dapat lebih tahan terhadap cuaca panas.

Penyebab Utama

Blossom drop umumnya disebabkan oleh temperatur atau suhu. Suhu ekstrim disertai kelembaban udara sangat mempengaruhi pembentukan serbuk sari, dan menjadikannya sangat lengket sehingga tidak mudah lepas ke udara. Ketika bunga gagal dalam proses penyerbukan, maka secara alami bunga tersebut akan rontok / gugur. Suhu panas disiang hari, di atas 30ºC dan suhu dimalam hari di atas 24ºC yang berkepanjangan sering menyebabkan bunga yang telah mekar menjadi rontok. Sebaliknya, suhu malam hari di bawah 12ºC juga dapat menyebabkan hal yang sama.

Penyebab Lainnya

Hama dan penyakit jamur seperti penyakit bercak daun (Leaf Spot)  juga dapat menyebabkan kerontokan bunga pada tanaman. Kebanyakan pemberian pupuk atau unsur nitrogen juga dapat mengakibatkan pertumbuhan daun yang berlebihan sehingga menurunkan kemampuan tanaman untuk memproduksi bunga.

Jika tanaman tomat telah memproduksi banyak buah-buahan dan pada saat yang sama bunganya juga tetap rontok, hal ini mungkin karena upaya tanaman untuk menghemat energi / makanan untuk menjaga agar buah-buahan yang telah terbentuk dapat bertahan.

TIPS
Dalam cuaca panas yang ekstrim, kita juga dapat membantu proses penyerbukan tanaman dengan menepuk bunga secara perlahan agar melepas sebuk sari.

Perawatan

Jika blossom drop disebabkan oleh suhu ekstrim, jenis perawatan yang dapat kita berikan sangat terbatas. Pastikan tanaman mendapatkan air (penyiraman) yang cukup dan teratur. Lakukan pemantauan rutin dari hama / penyakit yang mungkin dapat mengganggu produksi buah. Bila menanam di media tanah, pastikan kelembaban dan kadar air tanah di sekitar tanaman selalu terjaga.

Pencegahan

Jika suhu panas secara konsisten selalu merusak atau menggagalkan tanaman tomat Anda, pertimbangkan untuk mengganti jenis atau varietas tomat yang lebih tahan dan memiliki toleransi lebih tinggi terhadap panas. Banyak sekali tomat-tomat jenis hibrida baru yang memang khusus dikembangkan untuk mengatasi masalah ini. Sebelum menanam kita harus terlebih dahulu tahu jenis tomat yang akan ditanam serta lingkungan dimana benih tomat akan ditanam.

Semoga artikel ini bermanfaat dan salam hijau!

Sumber:

  1. Tomato Plants Not Setting Fruit? Here’s Why
  2. What Causes Lots Of Flowers And No Tomatoes On Tomato Plants
  3. What Causes Tomato Plants Flowers to Die & Not Produce Fruit?

Check Also

bitter-lettuce

Rasa Pahit Pada Lettuce

Pada umumnya, rasa pahit pada daun lettuce adalah hasil dari proses alami yang disebut bolting atau proses maturitas yang dipaksakan (prematur).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *