Saturday , November 25 2017
Home / Tips / Tips Menaman Wheatgrass
wheatgrass

Tips Menaman Wheatgrass

Permasalahan yang paling sering dihadapi pada saat menanam Wheatgrass adalah tumbuhnya jamur (mold). Hal ini disebabkan karena udara yang lembab. Untuk mengatasi hal ini, gunakan kipas angin atau tanam di ruangan AC.

Sejarah Wheatgrass (rumput gandum) dapat ditelusuri balik ke 5000 tahun yang silam, yaitu pada peradaban Mesir kuno, bahkan mungkin awal peradaban Mesopotamia. Bangsa Mesir kuno menganggap tanaman yang berdaun ramping seperti pisau ini sebagai tanaman suci serta mengakui khasiat positif mereka untuk kesehatan serta vitalitas tubuh.

Konsumsi Wheatgrass di dunia Barat dimulai pada tahun 1930-an sebagai akibat dari percobaan yang dilakukan oleh Charles F. Schnabel dalam upayanya untuk mempopulerkan tanaman ini. Pada tahun 1940, bubuk Wheatgrass Schnabel dalam kaleng mulai dijual di toko-toko obat besar di seluruh Amerika Serikat dan Kanada.

Wheatgrass adalah jenis rumput muda dari keluarga gandum yang kaya nutrisi. Wheatgrass umum dijual sebagai suplemen makanan dalam bentuk tablet, kapsul dan bentuk cair. Wheatgrass juga sangat populer dibuat jus, atau ditambahkan ke smoothie atau diseduh bersama teh.

Wheatgrass menyediakan sejumlah nutrisi yang terkonsentrasi, termasuk zat besi; kalsium; magnesium; asam amino; klorofil; dan vitamin A, C dan E. Para penggemar Wheatgrass  mempercayai bahwa kandungan gizi yang kaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, membunuh bakteri berbahaya dalam sistem pencernaan, dan membersihkan tubuh dari racun (detox). Wheatgrass juga dipercaya sebagai alternatif pengobatan kanker, anemia, diabetes, sembelit, infeksi, kondisi kulit, kolitis ulserativa, nyeri sendi, serta masalah kesehatan lainnya.

Kami menanam Wheatgrass di ruangan ber AC (15- 18 jam per hari) sehingga tidak tumbuh mold (jamur).

Berikut adalah tips dan langkah-langkah menanam Wheatgrass:

day-1Senin, 6 April 2015

Jam: 11:10
Bahan 100gr Wheatgrass seeds.
Setelah menjalani proses perendaman sekitar 10 -12 jam, benih akan terlihat seperti pada gambar, mulai tampak “ekor putih”. Siapkan wadah untuk menyemai, disini saya menggunakan box styrofoam yang biasa dipakai untuk wadah makan, dan jangan lupa untuk membuat lubang sebanyak mungkin pada dasar box styrofoam untuk membuang kelebihan air.

wheatgrass-day-1

Jam: 18:16
7 jam setelah semai sudah mulai sprout hampir 100%. Jangan lupa untuk selalu menyemprot benih yg sudah sprout dengan AIR DINGIN.

wheatgrass-day-1.1

Check Also

bitter-lettuce

Rasa Pahit Pada Lettuce

Pada umumnya, rasa pahit pada daun lettuce adalah hasil dari proses alami yang disebut bolting atau proses maturitas yang dipaksakan (prematur).

14 comments

  1. Berarti menanam wheatgrass tidak perlu sinar matahari ya?

  2. Jadi, kalau menanam wheatgrass dalam kondisi tidak dipindah ke metan (masih tetap di kotak styriofoam, cukup disemprot air saja? Tidak perlu cairan nutrisi?

    • Menanam wheatgrass tanpa media tanam tidak dibutuhkan nutrisi, tapi cukup disemprot dengan AIR DINGIN sesering mungkin supaya pertumbuhannya bagus.

  3. apa tidak berpengaruh pada kualitas wheatgrassnya jika menanam pada sterofoam?

  4. saya tanam gagal terus Berjamur

    • Salah satu tantangan dalam menanam wheatgrass dalam ruangan (indoor), tanpa AC adalah tumbuhnya jamur. Hal ini disebabkan karena faktor kelembaban udara yang tinggi. Untuk menghindari hal tersebut gunakan kipas angin untuk menciptakan sirkulasi udara yang lebih baik. Silakan dicoba. 🙂

  5. Diamana saya bisa mendapatkan biji/bibit Wheatgrass, posisi saya berada dibogor

  6. Kalau sudah berjamur tetapi tumbuh tunasnya apakah masih bisa diselamatkan?

    • Tanaman yang akarnya tumbuh jamur biasanya tidak dapat tumbuh maksimal. Lebih baik dibuang daripada menular keakar lainnya. Namun bila ingin mencoba, bisa diletakkan di depan kipas angin atau tempat yang sirkulasi udaranya baik. Good luck!

  7. Oh begitu ya, akhirnya saya buang karena tidak bisa tumbuh lagi sudah haru ke tujuh. Mau nanya lagi, ketika ditutupi dengan koran yang dibasahi apakah perlu di semprotkan air juga media tanamnya atau hanya dengan koran yang dibasahi tersebut sudah cukup? Terima Kasih banyak atas info dan jawabannya 🙂

    • Sudah saya tulis secara jelas, koran penutup disemprot sampai basah, karena metode tanam tanpa menggunakan media tanam. semprtotan air hanya bertujuan supaya semaian tetap lembab.

  8. Ini bibit hanya ditaro di Styrofoam saja ya Om?