Sunday , September 24 2017
Home / Tips / Rasa Pahit Pada Lettuce

Rasa Pahit Pada Lettuce

bitter-lettuce

Pada umumnya, rasa pahit pada daun lettuce adalah hasil dari proses alami yang disebut bolting atau proses maturitas yang dipaksakan (prematur).

Lettuce / selada adalah salah satu jenis sayuran yang selain sangat umum juga sangat populer. Hampir setiap orang yang pernah makan daun jenis sayuran ini, pada suatu saat, pasti pernah mencicipi adanya rasa pahit serta getas / keras pada bagian tangkainya. Mengapa dan apa penyebab rasa pahit tersebut?

Faktor Penyebab Rasa Pahit

Pertama, kita harus paham terlebih dahulu bahwa lettuce adalah jenis sayuran yang tumbuh subur di daerah berhawa sejuk, idealnya antara 8ºC – 20ºC. Pada saat cuaca terik selama beberapa hari berturut-turut, maturitas tanaman ini akan akan terpicu secara alami dan mereka akan memproduksi tangkai dan mulai berbunga (bolting). Proses inilah yang menyebabkan batang mereka mengeras dan daun mereka terasa pahit. Namun, bolting bukan satu-satunya penyebabnya.

Faktor penyebab lainnya adalah faktor kekurangan air. Lettuce adalah jenis sayuran berdaun lebar dan besar. Untuk mempertahankan kerenyahan serta rasa manis pada daun tersebut, mereka membutuhkan banyak sekali air.  Pernah melihat warna kekuningan pada tepian daun lettuce? Nah itu adalah salah satu tanda mereka “kehausan” karena faktor kekurangan air atau terjadi kerusakan pada akar.

nitrogenNutrisi juga menjadi salah satu faktor penyebab rasa pahit pada daun lettuce. Pertumbuhan daun mereka sangat pesat dengan sendirinya membutuhkan asupan nutrisi berkecukupan yang tepat. Pertumbuhan mereka akan terhambat dan tanaman menjadi kerdil apabila pemberian nutrisi tidak sesuai dan hal ini juga dapat menyebabkan timbulnya rasa pahit. Beberapa penelitian juga menemukan rasa pahit pada lettuce disebabkan kebanyakan unsur nitrogen (N).

Penyakit aster yellows phytoplasma atau lebih umum dikenal dengan sebutan aster yellows adalah sejenis penyakit yang juga dapat menyebabkan timbulnya rasa pahit pada daun lettuce. Gejala penyakit ini adalah warna daun bagian dalam tampak pudar dan memucat sedangkan pertumbuhan daun bagian luarnya terhambat, dan kecil. Penyakit ini dapat merusak bentuk tanaman secara keseluruhan.

Mencegah dan Menghilangkan Rasa Pahit

Pada umumnya, rasa pahit pada daun lettuce adalah hasil dari proses alami yang disebut bolting atau proses maturitas yang dipaksakan (prematur) dan tidak ada cara untuk menghentikan proses ini selain menundanya.

mulsa-lettuce-seladaBila Anda menanam menggunakan media tanah, lindungi area sekitar akar menggunakan mulsa agar sistem perakaran tidak terpapar langsung dari terik matahari. Lindungi tanaman lettuce dengan tanaman lebih tinggi lainnya untuk mendapatkan keteduhan.

Bila unsur nitrogen adalah penyebab timbulnya rasa pahit, tambahkan abu kayu pada media tanah untuk menetralisir.

Selain itu, sebelum disajikan, petik daun lettuce, rendam ke dalam air dingin (tambahkan es bila perlu) dan tambahkan sedikit baking soda. Rendam selama 5 – 10 menit, angkat, bilas dengan air dingin dan rendam sekali lagi dengan air dingin saja selama beberapa saat sebelum dikonsumsi. Daun lettuce yang layu dan pahit akan kembali menjadi segar.

Cara lain adalah masukan ke dalam kulkas selama 1 – 2 hari sebelum disajikan.

Selamat mencoba dan salam hijau!

Sumber:

  1. Lettuce – Bitter? Secrets to Keeping it Tasty
  2. Bitter Tasting Lettuce – Why Is My Lettuce Bitter?
  3. Bitter Lettuce

Check Also

blossom-drop-tomato

Tomat: Gagal Berbunga dan Rontok

Salah satu permasalahan pada tanaman tomat (Solanum lycopersicum) yang ditanam di daerah panas adalah kegagalan membentuk bunga atau bunga yang telah terbentuk rontok.

5 comments

  1. Assalamualaikum, saya mau tanya, kebetulan saya menanam selada secara hidroponik, apakah cara di atas dapat dilakukan untuk tanaman hidroponik yang bermedia air, seperti penambahan abu kayu ke dalam air? untuk pupuk selada hidroponik yang anda rekomendasikan apa ya agar selada tidak pahit? apakah lingkungan pertumbuhan yang lebih dr 20 derajat bisa menyebabkan pahit pada selada?

    tidak hanya itu pertumbuhan selada biasanya berapa minggu ya gan? soalnya di tempatku dengan pembenihan dengan waktu yang sama menghasilkan tingkat pertumbuhan yang cukup signifikan berbeda juga, terus untuk mencegah tanaman selada yang bisa gagal untuk tumbuh apa ya gan? kira kira faktor yang menyebabkan selada bisa gagal tumbuh apa saja ya? Terima kasih banyak gan 🙂

    • Untuk bertanam secara hidroponik cukup menggunakan pupuk AB Mix. Yang perlu diperhatikan adalah dosis (EC/ppm) pemberian nutrisi AB Mix. Suhu diatas 20ºC tidak masalah dengan catatan: tanaman selada hanya membutuhkan MAXIMUM 6 jam sinar matahari dan tempat yang agak teduh. Jangan lupa untuk melindungi tandon nutrisi agar tidak terkena sinar matahari langsung karena bila air nutrisi terlalu panas, tanaman akan layu dan dapat membunuh sistem perakaran. Penyebab rasa pahit pada selada adalah proses alami yang disebut “bolting” seperti yang dijelaskan diatas. Masa panen selada adalah sekitar 30 hari. Kebanyakan selada gagal atau tidak maksimal pertumbuhannya adalah faktor panas dan terik atau terlalu lama kena sinar matahari, untuk itu butuh naungan.

      Silakan gabung dengan group HidroponiQ di Facebook untuk saling bertukar pengalaman dengan yang lain di:

      https://www.facebook.com/groups/1439314706371008/

  2. berarti di jakarta tidak bisa tanam lettuce ya mas…soalnya suhu di jakarta gak mungkin antara 20 deraja C atau kebawah…terus apakah atap nya bagus nya menggunakan paranet atau uv screen

    • Pada dasarnya selada bisa ditanam didataran rendah maupun tinggi, seperti saya jelaskan diatas… yang perlu diperhatikan adalah pemberian nutrisi ABMIX secara benar, suhu air nutrisi dalam tandon juga harus diperhatikan. Selain di jakarta banyak juga petani kota2 lainnya yang sudah menuai sukses dengan berkebun secara hidroponik.

      • terima kasih mas responsenya..rencana mau bikin greenhouse kecil mas…temboknya pake paranet..atapnya pake seng plastik bening…nah saya gak ngerti mas paranetnya yang bagus merk apa berapa micron terus berapa persen yang penyerapan panasnya…terus klo buat atap apakah sudah cukup dengan bahan yang mau saya pakai…terima kasih sebelum nya… ^^