Saturday , November 25 2017
Home / Tips / pH dan Cara Kalibrasi pH Meter

pH dan Cara Kalibrasi pH Meter

ph-meter

Bila Anda berkebun secara hidroponik maka Anda tahu betapa pentingnya pH larutan nutrisi. Namun ada 1 hal yang jauh lebih penting lagi, yaitu proses kalibrasi pH meter.

pH adalah suatu satuan ukur yang menguraikan tingkat atau kadar keasaman atau kadar alkali (basa) dari suatu larutan. Satuan ukur atau unit pH diukur dari skala 0 sampai 14.

Tulisan pH berasal dari ”p”, lambang matematika dari negatif logaritma, dan ”H”, lambang kimia untuk unsur Hidrogen. Definisi formal pH adalah negatif logaritma dari aktivitas ion Hidrogen.

pH = -log[H+]

Besar kecilnya konsentrasi ion H+ dalam larutan menentukan derajat keasaman suatu larutan, dan untuk menentukan derajat tersebut dipakailah pengertian pH.

Berdasarkan pengertian ini, ditentukan:

  • Jika nilai pH = pOH = 7, maka larutan bersifat netral.
  • Jika nilai pH < 7, maka larutan bersifat asam.
  • Jika nilai pH > 7, maka larutan bersifat alkali (basa).

Pengukuran pH suatu larutan dapat dilakukan dengan beberapa cara atau metode. Cara paling umum adalah dengan menggunakan pH meter, dan / atau kertas pH (juga dikenal dengan nama kertas litmus atau lakmus). Cara lainnya adalah dengan melakukan apa yang disebut proses titrasi yang selain rumit juga butuh ketelitian tinggi.

KALIBRASI pH METER

pH meter adalah suatu peralatan elektronik yang dipakai untuk mengukur tingkat keasaman atau alkali (basa) suatu larutan. Sama halnya dengan alat ukur lainnya, sebelum dipakai, pH meter perlu dan HARUS terlebih dahulu di kalibrasi agar dapat memberi ukuran dengan tingkat keakurasian yang benar dan tepat.

Apa Yang Dibutuhkan?

  1. puma-air-accaAir accu, air suling (Aquades) atau air buangan AC.
  2. Gelas yang dapat menampung air minimal 250 ml. (3 buah).
  3. Beaker atau gelas ukur yang biasa dipakai di lab kimia.
  4. Buffer atau larutan penyangga.
  5. Kain atau tissue bersih untuk mengeringkan.
  6. Sendok untuk mengaduk.

Cara Kalibrasi

  1. Persiapkan 2 gelas masing-masing diisi dengan air suling, Aquades sebanyak 250 ml dengan temperatur suhu ruangan. Isi gelas ke 3 juga dengan Aquades secukupnya yang nantinya dipakai untuk membilas / mencuci sendok dan pH meter.
  2. Tambahkan salah satu pH buffer yang akan dipakai, terserah yang mana dulu, ke dalam salah satu gelas yang telah diisi dengan 250 ml Aquades dan aduk sampai benar-benar larut.
  3. pH meter, bilas sebelum dipakai. Buka sarung proteksi pH meter, rendam bagian yang ada elektroda sensor ke dalam gelas yang dipakai untuk membilas, angkat dan keringkan dengan kain atau tissue sampai kering. Berikutnya…
  4. Nyalakan pH meter, celupkan ke dalam gelas yang sudah dicampur dengan pH buffer di langkah (2), diamkan beberapa saat sampai bacaan digital stabil dan tidak berubah. Bila pH buffer yang dipakai di (2) adalah Mixed Phosphate, pH = 6.86 dan bacaan pada layar digital tidak sama, maka gunakan obeng kecil yang telah disediakan untuk mengatur bacaan digital tersebut ke angka 6.86 (putar searah jarum jam / berlawanan). Inilah yang disebut proses kalibrasi agar pH meter kita memiliki referensi yang benar dan tepat.
  5. Langkah berikutnya adalah celupkan ke dalam gelas ke 3, yang dipakai untuk mencuci / membilas. Rendam, angkat dan keringkan sebelum dipakai untuk kalibrasi menggunakan pH buffer berikutnya.
  6. Ulangi langkah (4) tetapi kini menggunakan pH buffer satunya, yaitu Potassium Hydrogen Phthlate, pH = 4.00. Prosesnya sama, pastikan larutan buffer sudah dicampur dengan 250 ml aquades dan diaduk sampai larut. Nyalakan pH meter, rendam dan diamkan sesaat sampai bacaan pada layar digital tidak berubah. Cocokan dengan pH buffer yang dipakai, apakah sama dengan 4.00? Bila tidak sama, gunakan obeng kecil untuk mendapatkan angka 4.00.
  7. Selesai. pH meter Anda telah dikalibrasi dan siap untuk dipakai? Mudahkan?

TIPS: Sebelum membuang larutan buffer yang sudah dipakai, coba sekalian ukur, berapa pH dari Aquades yang Anda pakai? Jangan lupa untuk membilas pH meter terlebih dahulu, buang air bekas dari gelas ketiga yang dipakai untuk mencuci / membilas, dan ganti dengan Aquades baru. Coba lakukan pengukuran pH pada Aquades tersebut dan buat catatan. Mengapa? Berikutnya Anda ingin melakukan kalibrasi dan sudah tidak memiliki pH buffer, Anda dapat menggunakan Aquades sebagai titik referensi. Meskipun tidak terlalu akurat namun lebih baik daripada tidak ada referensi sama sekali.
Rentang pH yang paling ideal untuk larutan nutrisi agar seluruh unsur kimia yang terkandung masih tersedia dalam jumlah yang cukup adalah 5.5 – 6.8.

Referensi:
pH Meter vs. pH Paper

Bila Anda berkebun secara hidroponik maka Anda tahu betapa pentingnya pH larutan nutrisi. Namun ada 1 hal yang jauh lebih penting lagi, yaitu proses kalibrasi pH meter. pH adalah suatu satuan ukur yang menguraikan tingkat atau kadar keasaman atau kadar alkali (basa) dari suatu larutan. Satuan ukur atau unit pH diukur dari skala 0 sampai 14. Tulisan pH berasal dari ”p”, lambang matematika dari negatif logaritma, dan ”H”, lambang kimia untuk unsur Hidrogen. Definisi formal pH adalah negatif logaritma dari aktivitas ion Hidrogen. pH = -log[H+] Besar kecilnya konsentrasi ion H+ dalam larutan menentukan derajat keasaman suatu larutan, dan untuk…

Rate Artikel Ini

User Rating: 4.19 ( 9 votes)

Check Also

bitter-lettuce

Rasa Pahit Pada Lettuce

Pada umumnya, rasa pahit pada daun lettuce adalah hasil dari proses alami yang disebut bolting atau proses maturitas yang dipaksakan (prematur).

27 comments

  1. H ZAINUDDIN PATIWI

    Sungguh sangat bermanfaat terutama bagi komunitas Hydroponic

  2. Bos, beli larutan bufernya di mana dan harganya berapa. makasih

  3. Cara memesannya gimana bos.. maksih

  4. Pak kalo aquades itu bisa diganti sama air accu ko?

    • Bisa, dan kami juga sudah mencoba dengan menggunakan air bekas buangan AC (air conditioner), pH=5,8.

  5. sangat bermanfaat sekali, terutama bagi saya yang kuliah di jurursan saintek. silahkan lajutkan kreativitasnya. smoga dapat berguna bagi semua orang

  6. Gimana klo kalibrasi nya gagal? Udah diulang beberapa kli tetep aja gagal….gmana tuh,pdahal sya udh ikuti ssuai ptunjuk

  7. My hat is off to your astute command over this topao-brivc!

  8. Kalau sudah set untuk pemakaian pertama kali pH 4 dan pH 6.8, sampai berapa lama pH tester digital ini bisa dipakai? Atau setiap berapa lama pH tester ini di set lagi.

  9. bubuk buffer pH yang sudah dilarutkan dapat disimpan berapa lama ya?? info donk makasih

    • pH buffer yang dilarutkan dapat berubah seiring dengan berjalannya waktu karena terkontaminasi / tercampur dengan karbon dioksida dari udara. Lama penyimpanan sebaiknya jangan lebih dari 6 bulan.

      • Kalau kalibrasi gak pake bubuk buffer bsa gak?gmn caranya?tanks mas

        • Tidak bisa karena tingkat keasaman (pH) air dari tempat yang berbeda nilainya juga berbeda. Bubuk buffer dipakai sebagaiu nilai acuan / referensi.

  10. oke makasih ya infonya