Saturday , November 25 2017
Home / Referensi / Cocopeat

Cocopeat

cocopeat-manufacturing-process

Cocopeat sangat ideal dipakai sebagai media tanam karena 100% organik, alami, dan ramah lingkungan.

Cocopeat adalah media tanam serbaguna yang terbuat dari sabut (serabut) kelapa. Proses pembuatan cocopeat adalah dengan mencuci sabut kelapa agar bersih dari garam serta ion-ion radikal, dikeringkan, diayak dan dibersihkan dari pasir, kerikil, batu, kotoran hewan, rontokan tanaman serta kontaminasi lainnya. Cocopeat adalah salah satu alternatif terbaik sebagai media tanam untuk menggantikan rockwool maupun sekam bakar.

Kelebihan Cocopeat:

  1. 100% alami, organik, dan ramah lingkungan.
  2. Sangat ideal dipakai sebagi media tanam untuk hidroponik atau dipakai sebagai campuran tanah atau sekam bakar.
  3. Bebas dan resistan terhadap penyakit (pathogen) bawaan tanah dan gulma.
  4. Level pH antara 5.7 – 6.5 sangat  ideal untuk pertumbuhan tanaman.

Cocopeat memiliki sifat menyimpan dan mengikat oksigen dan air, dan dengan sendirinya juga nutrisi yang terlarut dalam air yang sangat dibutuhkan oleh sistem perakaran tanaman untuk dapat tumbuh kuat dan sehat. Cocopeat mengandung zat organik serta mikroorganisme baik yang sangat berguna bagi pertumbuhan tanaman. Cocopeat juga sangat cocok dipakai sebagai media untuk mengembangbiakkan cacing.

Penggunaan Cocopeat:

  • Seed starter – penyemaian benih
  • Worm bedding – kembang biak cacing
  • Potting mix – media campuran dengan sekam bakar atau tanah
  • Media tanam pada starter trays
  • Media tanam untuk tomat, pepper, timun, terong, strawberry, mawar, dll.

Sumber / Referensi:

What is Coco Peat? How Coco Peat is made?
Cocopeat Manufacturing Process

 

Cocopeat sangat ideal dipakai sebagai media tanam karena 100% organik, alami, dan ramah lingkungan. Cocopeat adalah media tanam serbaguna yang terbuat dari sabut (serabut) kelapa. Proses pembuatan cocopeat adalah dengan mencuci sabut kelapa agar bersih dari garam serta ion-ion radikal, dikeringkan, diayak dan dibersihkan dari pasir, kerikil, batu, kotoran hewan, rontokan tanaman serta kontaminasi lainnya. Cocopeat adalah salah satu alternatif terbaik sebagai media tanam untuk menggantikan rockwool maupun sekam bakar. Kelebihan Cocopeat: 100% alami, organik, dan ramah lingkungan. Sangat ideal dipakai sebagi media tanam untuk hidroponik atau dipakai sebagai campuran tanah atau sekam bakar. Bebas dan resistan terhadap penyakit (pathogen)…

Rate Artikel Ini

User Rating: 4.75 ( 3 votes)

Check Also

yellow_leave

Mengapa Daun Tanaman Menguning?

Perubahan warna pada daun tanaman adalah tanda pertama atau gejala yang terlihat apakah tanaman sehat atau tidak. Mereka memiliki mekanisme bertahan hidup alami yaitu dengan merontokkan daunan untuk menghemat konsumsi makanan dan proses tersebut diawali dengan perubahan warna pada daunan.

2 comments

  1. sangat bermanfaat bagi sesama, salam hijau

  2. bermanfaat banget nih, trims