Saturday , January 20 2018
Home / Hama & Penyakit / Busuk Akar / Root Rot

Busuk Akar / Root Rot

PERAWATAN DARURAT

  1. H2O2 (Hidrogen Peroksida)
    Angkat tanamannya, potong bagian akarnya yang terinfeksi, celupkan sistem perakaran ke dalam larutan H2O2 dan bersihkan. Ulangi bila masih belum bersih.
  2. Sterilisasi
    Semua peralatan berkebun harus disterilisasi (termasuk selang air, pot, dll.) menggunakan bleach (cairan pemutih kain) atau solusi H2O2. Jangan lupa untuk membilas sebelum digunakan.
  3. Tambahkan obat anti akar busuk, additive anti pythium, vitamin B1, dan larutan nutrisi baru ke dalam tandon nutrisi yang telah dibersihkan dan disterilkan. Jaga dan usahakan sinar tidak masuk dan suhu larutan nutrisi dalam tandon tetap dingin (gunakan styrofoam box untuk tandon, sudah terbukti!)

KONTROL LINGKUNGAN

  • Maksimalkan sirkulasi air, beri aerasi yang cukup, dan jaga suhu larutan nutrisi dalam tandon.
  • Gunakan air RO (Reverse Osmosis) sebagai air larutan nutrisi untuk menghindari pathogen. Air buangan AC juga sudah terbukti sangat efektif dan memiliki pH yang ideal.
  • Gunakan UV sterilizer. Sinar Ultra Violet membunuh pathogen.
  • Jaga sebisa mungkin agar tidak ada sinar masuk ke dalam tandon nutrisi untuk mencegah pertumbuhan algae yang dapat menjadi sumber makanan bagi pythium. Algae juga menghasilkan lendir yang dapat menutupi sistem perakaran.

Sumber:
How Do I Identify and Prevent Root Rot?

Phytium sangat cepat menyebar dan menyerang sistem perakaran tanaman lain apabila sistem hidroponik yang kita pakai memiliki interkoneksi sirkulasi air bersama. Apa yang dimaksud dengan penyakit busuk akar dan bagaimana cara pencegahannya? PENGANTAR Busuk akar atau root rot adalah salah satu jenis penyakit tanaman yang disebabkan oleh jamur (fungus), menyerang bagian akar, ditularkan melalui air dan dapat menjangkiti semua jenis tanaman baik yang tumbuh di dalam maupun di luar ruangan. “Phytium” adalah istilah umum yang sering dipakai untuk penyakit ini, baik yang menyerang batang maupun serabut akar (termasuk jamur Phytium, Verticillium, Phytophthora, dan Fusarium). Phytium dapat dengan cepat menyebar pada…

Rate Artikel Ini

User Rating: 4.21 ( 15 votes)

Check Also

zinc-deficient

Zinc (Zn)

Zinc (seng) merupakan komponen penting dari berbagai sistem enzim tanaman untuk produksi energi, sintesis protein, …