Saturday , January 20 2018
Home / Hama & Penyakit / Busuk Akar / Root Rot

Busuk Akar / Root Rot

IDENTIFIKASI, SIMPTOM & KERUSAKAN

SIMPTOM / GEJALA

Awal:

  • Daun pada tanaman terlihat layu dan menguning (menampakan gejala kekurangan nutrisi). Daunan tampak menggulung – akar terinfeksi dan tidak memiliki kekuatan untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan.
  • pH larutan menjadi lebih asam.
  • Ujung akar menjadi kecoklatan seperti terbakar (ujung akar kecoklatan juga bisa diakibatkan karena terlalu lama kena sinar, atau terlalu banyak pupuk).
  • Konsumsi air berkurang, dan akibatnya kepekatan larutan nutrisi naik.
  • Sistem perakaran berubah menjadi kecoklatan tua (sistem perakaran yang sehat berwarna putih atau sedikit menguning).

Akut:

  • Sistem perakaran berwarna coklat tua, berlendir, dan adanya aroma bau busuk. Tanaman terkadang tampak sehat.
  • Pangkal akar / batang awalnya tampak kemerahan, sedikit membengkak, lama-lama akan menjadi kehitaman dan pada akhirnya tanaman akan roboh karena seluruh jaringan sel habis digerogoti.

Catatan:

  • Kerusakan pada sistem perakaran bersifat permanen. Meskipun serabut akar baru dapat tumbuh namun akar yang telah rusak tidak dapat tumbuh kembali. Akar yang baru terinfeksi dapat sembuh dan kembali berwarna putih bila perawatannya tepat dan benar.
  • Sisa-sisa akar mati merupakan sumber makanan dan energi bagi phytium. Potong dan buang sisa-sisa akar mati dan sering-sering menguras tandon larutan nutrisi.
Phytium sangat cepat menyebar dan menyerang sistem perakaran tanaman lain apabila sistem hidroponik yang kita pakai memiliki interkoneksi sirkulasi air bersama. Apa yang dimaksud dengan penyakit busuk akar dan bagaimana cara pencegahannya? PENGANTAR Busuk akar atau root rot adalah salah satu jenis penyakit tanaman yang disebabkan oleh jamur (fungus), menyerang bagian akar, ditularkan melalui air dan dapat menjangkiti semua jenis tanaman baik yang tumbuh di dalam maupun di luar ruangan. “Phytium” adalah istilah umum yang sering dipakai untuk penyakit ini, baik yang menyerang batang maupun serabut akar (termasuk jamur Phytium, Verticillium, Phytophthora, dan Fusarium). Phytium dapat dengan cepat menyebar pada…

Rate Artikel Ini

User Rating: 4.21 ( 15 votes)

Check Also

zinc-deficient

Zinc (Zn)

Zinc (seng) merupakan komponen penting dari berbagai sistem enzim tanaman untuk produksi energi, sintesis protein, …