Tuesday , September 19 2017
Home / Referensi / Fotosintesis

Fotosintesis

fotosintesis

Proses fotosintesis membutuhkan dua komponen utama, yaitu klorofil (zat hijau daun) yang terdapat dalam kloroplas dan cahaya matahari.

Fotosintesis adalah suatu rangkaian proses yang dilakukan oleh tumbuhan / tanaman dalam memproduksi makanan dan proses konversi energi yang didapat dari cahaya menjadi energi kimia yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh.

Fotosintesis atau photosynthesis (Inggris) berasal dari bahasa latin yang bila diterjemahkan “photo” berarti sinar, dan “synthesis” berarti menggabungkan. Pada saat manusia memasak makanannya, mereka membutuhkan api, air, sayuran, dan lain sebagainya. Sama halnya dengan tumbuhan, untuk memproduksi makanan tumbuhan membutuhkan beberapa faktor penting yaitu: cahaya, air, nutrisi, tanah, dan lain sebaginya. Cahaya didapat dari sinar matahari, air dari tanah dan karbon dioksida didapat dari udara. Semua gabungan faktor tersebut termasuk: udara, air, karbon dioksida dan cahaya matahari adalah kebutuhan pokok tumbuhan untuk memproduksi makanan mereka.

xylemTumbuhan memiliki apa yang disebut xylem atau pembuluh / tabung yang terdapat pada batang tumbuhan dan berfungsi sebagai jaringan transport dalam membawa air dan mineral yang terlarut dari akar untuk diangkut ke daun-daun. Cara kerja sistem ini serupa dengan cara kerja pada saat manusia menggunakan sedotan untuk minum. Jaringan xylem tersebar dari batang, dahan, ranting dan sampai daun. Jaringan xylem pada tumbuhan ibaratnya jaringan pembuluh darah pada manusia yang tersebar ke seluruh tubuh dan berfungsi sebagai jalur transportasi nutrisi.

Daunan pada tumbuhan memiliki pori-pori, serupa dengan pori-pori pada kulit manusia. Pori-pori ini disebut stomata yang berfungsi untuk menghirup dan menghembukan gas / pertukaran gas. Tumbuhan membutuhkan gas karbon dioksida yang terdapat di udara untuk proses fotosintesis yang dihirup masuk melalui stomata. Sebaliknya, proses fotosintesis juga menghasilkan gas oksigen yang dihembuskan keluar melalui stomata.

kloroplasDaunan memiliki jaringan sel penting yang disebut mesofil. Sel ini memiliki komponen berwarna hijau yang dinamakan kloroplas dan merupakan komponen utama yang membuat daunan terlihat hijau. Pada saat karbon dioksida dan air (nutrisi) mencapai kloroplas dan mendapat sinar matahari maka terjadilah proses fotosintesis yang menghasilkan reaksi berikut:

karbon dioksida + air (nutrisi) + cahaya = oksigen + glukosa (karbohidrat)

Glukosa dipakai oleh tanaman untuk tumbuh dan kelebihannya disimpan dalam bentuk pati (starch) didalam jaringan daun dan jaringan akar. Kelebihan glukosa yang disimpan nantinya akan dipakai untuk proses fotosintesis pada saat tidak ada cahaya. Oksigen dihembuskan keluar melalui stomata pada saat terjadinya proses fotosintesis. Oksigen tersebut dibutuhkan manusia pada saat benafas.

Fotosintesis di dalam air terjadi lebih lambat dibanding fotosintesis di darat. Hal ini disebabkan karena lapisan air menjadi penghalang bagi penyerapan sinar matahari secara penuh oleh tumbuhan dalam air. Ada beberapa jenis tanaman yang tidak membutuhkan proses fotosintesis untuk tumbuh, beberapa termasuk: keluarga jamur dan venus flytrap. Mereka mendapatkan makanan dari tanah dan lingkungan sekitar mereka. Venus flytrp adalah tumbuhan karnivora yang menjerat dan menangkap mangsa berupa serangga kecil. Berikut artikel lengkap tentang Venus Flytrap, Tumbuhan Karnivora.

Sumber:

Jaringan Pembuluh (Xilem Dan Floem)
Struktur Tumbuhan
Fotosintesis Adalah | Pengertian dan Definisi 

Check Also

orgaik-heirloom-hibrida-gmo

Organik, Heirloom, Hibrida, dan GMO

Masa panen jenis heirloom lebih sulit diprediksi, ukuran serta rasa buah dapat berbeda meskipun dari pohon yang sama.