Friday , March 29 2024
Home / Seputar Hidroponik / Dampak dan Pengaruh pH Terhadap Tanaman dan Nutrisi

Dampak dan Pengaruh pH Terhadap Tanaman dan Nutrisi

Mengatur pH

Salah satu cara yang paling umum dan praktis dalam mengatur atau menyesuaikan pH larutan nutrisi adalah dengan menambahkan zat asam atau alkalin. Namun masih ada beberapa metode laim yang dapat dipertimbangkan juga.

  1. nitrogenNitrogen adalah salah satu unsur anorganik nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah paling banyak. Kebanyakan tanaman menyerap nitrogen dalam bentuk nitrat (NO3-) atau ammonium (NH4+) atau keduanya. Apabila NH4+ adalah satu-satunya sumber nitrogen atau jika takarannya kelebihan maka malah dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Beberapa jenis tanaman tumbuh secara optimal apabila diberi kombinasi NH4+ (ammonium) dan NO3- (nitrat) bila dibandingkan dengan hanya diberi NO3- saja.Kombinasi penggunaan NH4+ dan NO3- dapat dipakai sebagai buffer dalam mengatur tingkat pH.
    Tanaman yang diberi larutan nutrisi yang hanya mengandung NO3- sebagai satu-satunya sumber nitrogen cenderung meningkatkan kadar pH, maka membutuhkan asam untuk menetralkan. Tetapi bila kurang lebih 10% – 20% dari kebutuhan nitrogen diberikan dalam bentuk NH4+, pH larutan nutrisi akan stabil dikisaran pH 5,5. Konsentrasi NH4+ perlu dimonitor karena organisme mikro yang hidup pada permukaan akar tanaman dapat mengubah NH4+ menjadi NO3-.
  2. Fosfat juga dibutuhkan dalam jumlah banyak, dan menariknya terdapat dua bentuk pupuk yang mengandung K (Kalium) dan fosfat (P), yaitu KH2PO4 mono-potassium phosphate (MKP) dan K2HPO4 di-potassium phosphate. Jika kedua-duanya dalam jumlah yang sama, maka pH dapat dipertahankan pada tingkat 7,0. Bila penggunaan K2HPO4 lebih banyak maka pH akan meningkat, dan sebaliknya penggunaan MKP lebih banyak dapat menurunkan pH.
  3. buffersBuffers adalah larutan yang dapat menahan perubahan pH dan biasanya ditambahkan ke larutan nutrisi untuk menstabilkan pH. Salah satu jenis buffer adalah 2-(N-morpholino) ethanesulfonic acid – disingkat MES. Penting untuk diperhatikan: pada saat menggunakan MES, bila pH terlalu rendah setelah menambahkan MES maka dibutuhkan penambahan alkalin seperti kalium hidroksida (KOH) untuk menaikkan pH ke tingkat yang diinginkan.
  4. Metode lain untuk menstabilkan pH adalah dengan menggunakan ion-exchange dan chelating resins. Umumnya resin ini berbentuk manik-manik yang dapat menyerap nutrisi. Manik-manik ini ditabur dalam tandon nutrisi dan pada saat tanaman menyerap nutrisi maka nutrisi yang diserap dalam manik-manik ini akan dilepas. Tujuan penggunaan metode ini adalah untuk mengendalikan pelepasan nutrisi dalam larutan nutrisi, meniru bagaimana media tanah melepas nutrisi. Idealnya, metode ini dapat menyediakan kebutuhan nutrisi tanaman serta menjaga keseimbangan pH dalam larutan.

Sumber:

pH in Hydroponics.
Guardrails along the Hydroponics Highway: A Nutrient Breakthrough that Stabilizes and Buffers Your pH, Locking It Down and Eliminating the Need for pH Up or pH Down.
The Difference Between Nutrient Solubility and Mobility.
pH Scale.
Why Use AlgoFlash.

Check Also

ph-nutrient-chart

Apakah pH Air Penting?

Salah satu faktor terpenting dalam menanam secara hidroponik adalah pH air. Banyak sekali kegagalan atau …

27 comments

  1. Ph air baku 8,4 (air sumur ) apakah masih layak untuk air baku tanaman hidroponik ?

    • pH 8,4 tidak layak untuk tanaman hidroponik karena terlalu alkali pak. Tanaman hidroponik rata-rata membutuhkan pH antara 5,5 – 6,5. Untuk menurunkan pH gunakan cairan air accu (botol warna merah yang mengandung H2SO4). Banyak sedikit campuran yang dibutuhkan tergantung ukuran tandon. Coba dulu menggunakan ember, isi 10 liter air ph 8,4, tambahkan 5 ml air accu, aduk dan ukur pH. Good luck!

  2. Apakah aman paki air accu zuur untuk berhidroponik pak ?
    Terus dampaknya apa

    • Saya beberapa kali menggunakan air accu zuur (botol merah) untuk menurunkan pH tandon nutrisi. Untuk lebih amannya dan mengetahui berapa kuat keasaman air accu zur maka persiapkan dulu 1 ember air atau kurang lebih 5 liter, ukur pH air tersebut. Tambahkan air accu sebanyak 1 sendok makan, aduk rata air dalam ember dan tunggu beberapa saat. Ukur pH air dalam ember. Setelah itu baru kita campurkan air dalam ember kedalam tandon nutrisi sedikit demi sedikit, dan jangan lupa mengaduk sampai rata dan diukur pH sebelum menambahkan campuran air dari ember. Selamat mencoba.

      • apa dampak nya jika PH terlalu rendah bagi sayuran?

        • Sudah saya jelaskan pada bagian “Bagaimana dampak pH pada tanaman” beserta tabel ketersediaan nutrisi pada pH rendah. Ada beberapa nutrisi penting sperti Nitrogen, Phosphor, Potassium, Sulphur, Calcium dan Magnesium menjadi berkurang dan dapat dilihat pada warna dan pertumbuhan daun tanaman yang tidak normal.

  3. Halo pak, trima kasih untuk infonya sngat bermanfaat… sya punya pertnyaan wktu awal belajar hidroponik msh menggunakan sistem wick dan kesulitan mencari ph down krna tinggal di pedalaman daerah, akhirnya mencoba H2SO4 atau air zuur yg diencerkan dengan perbandingan 9:1, yg menjadi pertnyaan apakah penambahan pH down (aki zuur) pada sistem wick mencampur lngsung di box dapat membuat unsur dlm nutrisi rusak? Sya menurunkan hanya 0.4 dri 6.9 dibuat 6.5, setelah beberapa hari malah daun mulai menguning (tulang daun msh berwarna hijau) seperti kekurangan Mg. sya tidak mnguras box hanya mengganti 1/4 air di box kemudian menaikan PPM baru daunnya mulai kembali normal. Terima kasih pak seblumnya 🙏

  4. Untuk menurunkan ph bisa menggunakan accu zuur. Terus menaikannya menggunakan apa ya pak? Ph air dirumah 5.8 pengen dinaikkan menjadi 7 (standar utk pakcoy). Terimakasih sebelumnya.

    • Bisa menggunakan KOH (potassium hydroxide/kalium hidroksida). Harap berhati-hati dan gunakan sarung tangan saat penanganan KOH. Kalium hidroksida sangat berbahaya, dapat menyebabkan luka bakar kimia parah dan kebutaan.

  5. Selain faktor sinar matahari, Apakah pH mempengaruhi selada sehingga jadi berbatang?

    • pH sangat mempengaruhi daya asup nutrisi pada tanaman. Kalau selada berbatang berarti sudah terlalu tua alias terlambat panen! Selada pada umumnya berusia 30 hari panen.

    • jika misalkan air aki top langsung dituang ke dalam tandon tanpa dilakukan pencampuran dengan air baku terlebih dahulu dan tidak dicampur merata didalam tandon, kira-kira dampaknya pada tanaman seperti apa?
      makasih

  6. saya tanaman mawar dan semua batang mawarnya berjamur dan berkutu putih. apakah karena PH tanahnya terlalu rendah?

    • Tanaman mawar butuh pH yang agak asam. Jamur/kutu tidak ada kaitannya dengan pH terlalu asam/basa. Kebersihan lingkungan sangat penting, dan selama lingkungan tidak bersih maka spora jamur akan terus kembali (penyebaran melalui angin/insect) dan menjadi masalah bagi tanaman. Butuh penyemprotan fungisida untuk membersihkan. Dahan dan daun yang sudah terserang harus dibuang jauh-jauh agar tidak menjadi sumber penyebaran baru. Good luck!

  7. saya menanam melon hidroponik, dengan ph air baku 6.9, setelah di beri nutrisi PH menjadi 4.4, ppm 1650 ,
    kondisi tanaman terlihat normal, ada beberapa tanaman dengan daun menggulung kedalam dan sedikit renyah (gampang sobek).

    apakah memang kondisi tanaman di atas dengan daun menggulung kedalam dipengaruhi ph yang rendah?
    lalu bagaimana pengaruhnya dengan bakal buah / buah jadi?

    terimakasih

    • Daun menggulung kebawah pada tanaman hidroponik adalah salah satu simptom overfeeding dan bisa terjadi karena asupan nutrisi yng tidak seimbang yang disebabkan karena pH yang tidak sesuai atau ppm yang terlalu tinggi.

  8. Sya menanam pokcoy dengan sistem wick…
    Pada pagi hari sya cek ph berada di kisaran 7.8 lalu sore hari sya cek lg ph berada di kisaran 6.8.
    Kalo pada pagi hari ph meningkat apakah normal…? Dan apakah harus di berikan ph down…? Krna setiap pagi ph pasti meningkat tinggi sekali…
    Dan kalo diberikan ph down setiap hari… apakah tidak apa2…?

    • pH sebaiknya bertahan sekitar angka 6.0 untuk pertumbuhan maksimal. Salah satu faktor yg menyebabkan pH swing adalah VOLUME air yang tidak mencukupi. 1 tanaman dewasa membutuhkan volume air minimal 8-10 liter. Semakin sedikit airnya, semakin mudah pH tersebut swing (berayun naik/turun), apalagi disaat pagi/siang ada matahari dimana terjadi proses fotosintesis.

    • Selamat Malam,
      Saya ingin bertanya soal menaikkan PH pada sayuran hidroponik,
      Ph awal 7, ketika dimasukkan nutrisi PH nya berubah menjadi 4,8 lalu saya menambahkan cairan PH UP(KOH).

      Saat saya menuangkan cairan tersebut kedalam nutrisi, cairan KOH tersebut langsung ada perubahan warna putih².. dan ketika saya aduk, air nutrisi saya menjadi keruh..

      Tandon saya berisi 180liter dg PH 4,8. Awalnya saya tambahkan 1 tutup botol namun perubahannya sangat kecil.. saya butuh menuangkan cairan KOH sebanyak 3 tutup botol dan PH menjadi 5,5…

      Dan air nutrisi saya menjadi keruh berwarna putih..

      Pertanyaannya, apakah ada yg salah?

      • Saya juga beberapa kali mengalami hal yang sama… larutan nutrisi dalam tandon menjadi keruh ketika saya menambahkan larutan KOH untuk menaikkan pH nutrisi. Keruhnya larutan nutrisi karena terjadi proses precipitasi kalsium karbonat.

        Ada 2 kemungkinan mengapa pH bisa drop cukup drastis dari 7 menjadi 4.8:

        1. Larutan ABMix yang dicampurkan terlalu pekat untuk volume air dalam tandon. Pada saat awal tanam, EC/ppm tidak perlu tinggi, dan tambahkan sedikit demi sedikit setiap beberapa hari seiring dengan pertumbuhan tanaman. Sama seperti memberi makan bayi, balita, orang dewasa… porsi makan dan asupan nutrisi yang dibutuhkan berbeda. Tandon terlalu kecil juga akan sering memberi masalah dikemudian hari – pH swing! Berapa jumlah tanaman untuk ukuran tandon 180L, mudah2an tidak lebih dari 60 tanaman.

        2. pH meter rusak (atau belum pernah dikalibrasi). Dari pengalaman saya ketika saya harus menambahkan KOH ternyata pH meter yang saya gunakan saat itu memang rusak.

        Bahan kimia lain yang juga dapat digunakan unutk menaikkan pH selain KOH adalah natrium hidroksida (NaOH) dan soda bikarbonat atau baking soda (NaHCO3). Baking soda paling aman digunakan. KOH dan NaOH dapat membakar kulit jika tidak segera dicuci.

        Biasanya saya akan larutkan KOH dalam air (5L) dan aduk sampai benar2 larut sebelum ditambahkan ke dalam larutan nutrisi. Tambahkan sedikit demi sedkit dan aduk sampai rata, lalu lakukan pengukuran pH.

  9. Selamat pagi.
    Saya mau nanya, bisakah kita tahu tds air baku tinggi tidak baik bagi tanaman?

    Bagaimana jika air baku tds tinggi karna tingkat kesadahan dan Cl yg tinggi? Mngkin mendominasi ppm tersebut oleh kedua unsur tsb.

    Karna bnyak di forum menghakimi, air baku wajib tds rendah, d bawah 100 bahkan d bawah 70ppm.

    Disitu saya agak menggelitik, ya memang air destilasi 0 ppm adalah air semacam RO, tanpa unsur mineral.

    Tp ketika saya membaca hasil lab air yg kebetulan saya selalu konsen sama kesadahan terkait air baku laundry. Dimana kesadahan yg di tis dlm beberapa literatur, airbsadah biasanya air sumur yg melalui pemyerapan bebatuan kapur seperti disini. Dmn u sur didalamnya adalah Ca2+ Mg2+, dan bbrapa unsur lainnya. Yang kalau saya kait2an dengan unsur hara makro pada abmix hidropinik. Unsur2 tsb terkandung d dlm abmix,

    Nah, pertanyaannya, apakah hidroponik sebaku itu rumusannya, hanya dengan tds meter, dpt menilai air ini jelek, air ini bagus untuk tanaman.

    Apakah kelebihan salah satu unsur hara makro sekunder dalam larutan nutrisi sangat fatal akibatnya, hingga menyebabkan tanaman mati atau tidak tumbuh normal?

    Mohon pencerahannya.
    Terima kasih banyak.

    • Selama ini saya tidak pernah terlalu memperdulikan TDS air baku. Saya lebih memperhatikan pH dan perbandingan volume air/tanaman. Rumusan formula AB Mix hidroponik tidak baku seperti pada rumus ilmu pasti dan TDS/EX meter yang biasa kita beli belum dikalibrasi, jadi gunakan hanya sebagai acuan saja. Banyak sekali variable yang menentukan pertumbuhan tanaman, seperti: pH nutrisi, temperatur air (nutrisi), Dissolved Oxygen (kadar oksigen dalam nutrisi), pencahayaan (fotosintesis), dll. AB Mix tanaman sayur berbeda dengan AB Mix untuk buah2an. pH lebih penting karena menentukan daya asup nutrisi. Sebanyak apapun nutrisi yang terkandung bila pH tidak sesuai maka nutrisi akan terbuang atau malah menjadi racun. Salam. 🙂

  10. Ijin tanya pak
    Untuk menurunkan ph biasa nya sy menggunakan asam fosfat (H3PO4),tanaman tumbuh dengan baik dan waktu panen sesuai hst
    Beberapa waktu sy coba mengunakan asam nitrat yang sudah di encerkan dengan maksud agar kandungan nitrogen pada nutrisi bisa meningkat, hasilnya daun malah jadi kuning dan pertumbuhan melambat, daun juga menjadi keras, setelah sy cek ppm yg tadinya sudah di stel 1200 sebelum di masukan ph down asam nitrat, setelah masuk ph down pada tandon ppm pada tandon langsung turun drastis
    Apakah ph down dapat merusak nutrisi

    Mohon pencerahan nya
    Terimakasih

    • Salah satu penyebab mengapa tanaman tidak dapat menyerap nutrisi meskipun unsur nutrisi tersebut ada adalah karena terjadi “nutrient lockout” atau nutrisi terkunci yang disebabkan karena pH terlalu asam atau basa. Rentang pH yang ideal untuk tanaman berkisar antara 5.5 – 6.5 dan tampaknya saat melakukan pencampuran ph Up/Down dosisnya terlalu banyak sehingga terjadi “nutrient lockout”. Saat mencampur ph Up/Down, pastikan diaduk secara merata dan jangan langsung diukur… tunggu beberapa saat baru lakukan pengukuran.

  11. Pak izin bertanya, saya menanam bayam hidroponik sistem wick, mengunakan AB MIx dan saya kombinasikan dengan POC urin sapi, ph awalnya 6,5 setiap melakukan pengukuran ph menjadi cenderung naik, apakh ada yang salah ya pak? Padahal sudah diberikan ph down

    • Kenapa mempersulit diri sendiri dengan mencampurkan urin sapi dan setelah itu harus menambahkan pH Down? Coba gunakan ABMix saja tanpa urin sapi dan lihat hasilnya. Semua unsur kimia makro & mikro yang terkandung dalam ABMix sudah dikalkulasi menggunakan rumus, dan bila ada tambahan unsur kimia lain (urin sapi) + pH down, maka justru akan mengacau kandungan ABMix dan bisa menyebabkan terjadinya nutrisi “lock-out” atau hilang/kurangnya suatu unsur karena kelebihan unsur lain. Selamat mencoba (ABMix saja).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *