Sunday , September 24 2017
Home / Seputar Hidroponik / Dampak dan Pengaruh pH Terhadap Tanaman dan Nutrisi

Dampak dan Pengaruh pH Terhadap Tanaman dan Nutrisi

ph-scale

Sebanyak apapun nutrisi (ppm) yang diberikan namun apabila pH larutan tidak sesuai maka akan ada banyak unsur atau zat yang tidak tersedia atau tidak dapat diserap oleh tanaman sehingga mengakibatkan tanaman kekurangan nutrisi.

Salah satu tantangan yang paling sering kita hadapi dalam bercocok-tanam / berkebun baik secara tradisional maupun hidroponik adalah menangani permasalahan tanaman yang disebabkan karena faktor kekurangan nutrisi baik nutrisi makro seperti N, P, K maupun kekurangan nutrisi mikro seperti Ca, Fe, Mn, dan lainnya. Gejala kekurangan nutrisi pada tanaman mudah terlihat terutama dari perubahan warna dan terkadang dari pertumbuhan serta bentuk daun muda.

Dari hasil penelitian yang saya lakukan selama beberapa bulan serta dari hasil menyimak diskusi dari beberapa group dan komunitas di dunia maya, saya melihat adanya satu faktor penting yang jarang sekali disebut, diabaikan atau malah boleh dibilang tidak pernah diperhitungkan dalam menangani permasalahan kekurangan nutrisi tersebut, yaitu pH larutan nutrisi (hidroponik) atau pH tanah (tradisional).

Hampir setiap diskusi yang saya ikuti mengenai penanganan kekurangan nutrisi pada tanaman selalu menekankan pada EC / ppm (part per million) dari larutan nutrisi yang diberikan, dan hampir tidak pernah menyinggung masalah pH larutan.

Logikanya:

  1. Apabila nutrisi yang kita pergunakan selama ini adalah nutrisi AB Mix yang sama, yang selalu kita pakai dan cara pembuatan pekatan larutan A & larutan B benar, maka…
  2. apabila pada saat pengecekan awal ppm nutrisi yang diberikan telah sesuai dengan yang dianjurkan untuk jenis tanaman tersebut, maka…
  3. pasti ada faktor lain yang menyebabkan tanaman tidak dapat menyerap atau nutrisi makro atau mikro dari larutan nutrisi tidak tersedia. Nah faktor apakah yang menyebabkan itu?

Pertanyaan:
Pada saat Anda mengukur EC larutan nutrisi, apakah pH larutan juga diukur?

nutrient-solubilityBagaimana dampak pH terhadap tanaman?

  • pH berdampak pada ketersediaan nutrisi makro & mikro.
  • pH berdampak pada daya serap tanaman terhadap nutrisi.
  • pH diatas 7.5 mengurangi ketersediaan zat besi, manganese, tembaga, zinc dan boron
  • pH dibawah 6 berdampak pada menurunnya daya larut terhadap asam fosfat, kalsium, dan magnesium.
  • pH antara 3 – 5 dan diatas suhu 26ºC menyebabkan pertumbuhan dan penyebaran penyakit yang disebabkan oleh jamur, salah satunya adalah busuk akar.

 

Check Also

ph-nutrient-chart

Apakah pH Air Penting?

Salah satu faktor terpenting dalam menanam secara hidroponik adalah pH air. Banyak sekali kegagalan atau …