Saturday , November 25 2017
Home / Tips / 5 Kegunaan Kulit Telur Bagi Tanaman

5 Kegunaan Kulit Telur Bagi Tanaman

egg-shell-box

Jangan sia-siakan lagi dan buang kulit telur ke tempat sampah. Mereka sangat bermanfaat dan dapat dijadikan pupuk tanaman

Siapa sangka kalau kulit telur yang kaya dengan zat kalsium adalah produk organik yang sangat berguna bagi tanaman dan kebun kita. Sebagian besar orang akan membuang kulit telur tersebut namun bagi beberapa orang yang kreatif serta mengerti terhadap kebutuhan tanaman langsung dapat melihat kegunaan lain dari kulit telur tersebut selain dibuang. Berikut adalah 5 cara hemat dan sederhana untuk memanfaatkan kulit telur di kebun Anda.

egg-shell5 Macam Penggunaan Kulit Telur di Kebun

  1. Wadah semai – gunakan kulit telur sebagai wadah menyemai benih daripada dibuang. Kulit telur kaya dengan nutrisi organik, sumber kalsium untuk mempercepat pertumbuhan, dan mudah dipindahkan bila siap. Caranya mudah, gunakan kulit telur yang masih bisa dipakai sebagai wadah, beri lubang kecil pada bagian bawahnya, tambahkan media tanam, basahi dan semai benih seperti biasanya. Pada saat benih telah siap pindah tanam, remas dan remukkan wadah kulit telur dan tanam bersama semaian ke dalam media tanam.
  2. Nutrisi tambahan – hancurkan kulit telur menggunakan mixer sampai lembut dengan menambahkan sedikit air, dan 11/2 cup cuka. Tuangkan dan campurkan pada media tanam kompos untuk ditebar.
  3. Tanaman mawar terutama, menyukai pH tanah yang lebih asam, tumbuh pesat dan subur dengan tambahan pupuk organik berikut: hancurkan beberapa kulit telur sampai benar-benar lembut seperti tepung, kumpulkan dan masukkan ke dalam kantung plastik. Tambahkan sisa bubuk kopi semalam ke dalam kantung plastik dan campur sampai rata. Taburkan ke sekeliling pohon tanaman mawar dan siram air seperti biasa.
  4. Penangkal Hama – hama siput dan bekicot benci kulit telur. Mereka tidak mampu melewati pecahan kulit telur yang tajam. Bangun pagar penghalang disekeliling batang tanaman dengan menggunakan pecahan kulit telur.
  5. Dicampurkan ke metan – tambahkan remahan / pecahan kulit telur pada media tanam yang digunakan. Mereka akan terurai secara perlahan-lahan selama beberapa minggu, dan memberi nutrisi tambahan pada tanaman.

Ternyata, kulit telur sangat bermanfaat bagi tanaman dan kebun kita. Jangan sia-siakan lagi dan buang kulit telur ke tempat sampah. Jadikan mereka pupuk organik dan biarkan mereka terurai bersama media tanam untuk memberi nutrisi tambahan tanaman kita. Salam Hijau!

Sumber:
5 Ways to Use Egg Shells in Your Garden
20 Insanely Clever Gardening Tips And Ideas
Make eggshell seedling pots to sprout your garden for less

 

 

Check Also

bitter-lettuce

Rasa Pahit Pada Lettuce

Pada umumnya, rasa pahit pada daun lettuce adalah hasil dari proses alami yang disebut bolting atau proses maturitas yang dipaksakan (prematur).

7 comments

  1. butuh waktu brp lama pindah tanam pakcoy pade?bagian bawah kulit telur perlu di kasih lubang lg nggk ya?

    • Masa pindah tanam sama seperti kita menggunakan media rockwool atau lainnya untuk menyemai, yaitu sampai terlihat tumbuhnya minimal 4 daun sejati. Ya betul sekali Mas Ajat! Bila menggunakan kulit telur sebagai wadah semai, bagian bawahnya harus dilubangi. Terima kasih telah mampir dan atas koreksinya… sudah saya tambahkan pada artikel di atas. Salam 🙂

  2. Apakah kulit telur juga cocok untuk tanaman kangkung?

    • Jawaban singkatnya adalah: YA! Kalsium adalah salah satu unsur kimia yang dibutuhkan oleh SEMUA tanaman. Namun perlu diingat kelebihan Kalsium juga dapat menghambat penyerapan unsur kimia lainnya sehingga tanaman menjadi tidak sehat.