Saturday , November 25 2017
Home / Hama & Penyakit / Leaf Miner Si Penggorok Daun

Leaf Miner Si Penggorok Daun

leaf-miner-cycle

Meskipun tidak berdampak mematikan pada tanaman namun dapat menurunkan hasil panen serta kualitas pada tanaman sayur-sayuran.

Leaf miner atau penggorok daun adalah larva hama lalat dari keluarga Agromyzedae yang hidup dan menggerogoti jaringan daun pada tanaman.

fly-leaf-minerSiklus Hidup

Lalat betina menyimpan telur mereka dengan pertama-tama memotong dan menyayat permukaan daun yang disebut “feeding points”, lalu telur diletakkan ke dalam sayatan atau feeding points tersebut. Jumlah telur yang diletakkan atau simpan bisa mencapai 150 butir atau lebih.

Telur-telur tersebut pada awalnya kelihatan seperti bintik-bintik putih. Setelah beberapa hari, mereka akan menetas dan menjadi larva. Larva-larva inilah yang menggali terowongan dengan cara menggerogoti jaringan daun sebagai makanan mereka.

leaf-miner-leafTerowongan yang mereka gali ini merusak jaringan daun dan terlihat seperti guratan berwarna putih / transparan dari permukaan daun. Kalau kita perhatikan lebih secara seksama, kadang bisa terlihat larva yang dimaksud berbentuk titik hitam pada ujung guratan.

Setelah beberapa hari, larva-larva tersebut akan tumbuh dewasa, matang dan mulai keluar dari terowongan yang mereka gali sebelum berubah bentuk menjadi kepompong. Beberapa dari mereka akan jatuh dan lainnya akan berada pada daun.

Kepompong lunak ini perlahan akan mengeras dan setelah kurang lebih 6 hari mereka akan pecah dan muncullah lalat muda yang perlahan akan berubah menjadi lalat dewasa dan siap untuk kawin dan bertelur untuk menyelesaikan siklus hidup mereka yang bervariasi antara 13 – 30 hari tergantung suhu udara dan jenis kelamin.

Pengendalian

Resep #1
Salah satu cara untuk membasmi / mengendalikan leaf miner adalah dengan menyemprotkan campuran cairan obat kumur Listerine dan sabun cuci piring seperti dijelaskan pada artikel berikut. Silakan dicoba keampuhannya. 🙂

Resep #2
Alternatif lain yang akan saya coba adalah dengan mencampur rendaman air tembakau dan cengkeh yang telah direndam semalaman dengan baking soda (sodium bicarbonate). Cara penggunaanya sama, yaitu dengan disemprotkan pada daun yang terjangkit. Hasilnya akan saya share nanti.

 

 

Sumber:
Leafminer Control
Leaf Miner
Leaf miner (wikipedia)

Check Also

zinc-deficient

Zinc (Zn)

Zinc (seng) merupakan komponen penting dari berbagai sistem enzim tanaman untuk produksi energi, sintesis protein, …

One comment

  1. The Good, The Bad and The Ugly – Larva
    https://www.youtube.com/watch?v=a468pimmD98