Sunday , September 24 2017
Home / Seputar Hidroponik / 5 Fakta Hidroponik

5 Fakta Hidroponik

5-hydroponics-fun-facts-figures

Peningkatan jumlah penduduk dunia serta menyempitnya lahan pertanian mendorong kita untuk memanfaatkan teknologi dalam mengelola produksi pangan agar selain dapat mencukupi juga memiliki kualitas yang lebih baik. Hidroponik adalah jawaban untuk kebutuhan masa depan dan berikut adalah 5 alasan utama mengapa hidroponik sudah harus mulai diadopsi.

Hidroponik adalah metode budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanam tanah. Saat ini hidroponik merupakan salah satu sektor pertanian yang perkembangannya paling pesat dan diyakini akan mendominasi produksi pangan dimasa depan. Banyak keunggulan serta kelebihan yang ditawarkan dengan menggunakan metode hidroponik dan berikut adalah 5 alasan utama mengapa metode ini perlu dipertimbangkan dan diadopsi.

Hemat Air
Percaya atau tidak, budidaya menggunakan metode hidroponik pada beberapa jenis tanaman panen dapat menghemat penggunaan air sampai 90% dibanding dengan metode tradisional yang menggunakan media tanah.

Hemat Lahan
Dengan luas lahan yang sama, budidaya hidroponik dapat ditanami 4x lipat lebih banyak daripada metode tradisional. Dengan kata lain; budidaya hidroponik hanya membutuhkan ¼ kali luas lahan untuk menanam jumlah yang sama dibanding metode tradisional.

Tanpa Tanah
Hidroponik tidak membutuhkan tanah sebagai media tumbuh, namun menggunakan media “pasif” dimana kadar pH, kebutuhan nutrisi makro dan mikro serta kebutuhan oksigen semuanya dapat diatur dan langsung dapat diserap oleh akar. Selain itu juga bebas dari penyakit dan hama tanaman yang disebabkan oleh mikroba yang hidup dalam tanah.

Daya Tumbuh
Kecepatan tumbuh (panen) beberapa jenis tanaman bisa mencapai 2x lebih cepat dibanding metode tradisional karena semua asupan nutrisi, air dan oksigen yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dapat diatur.

Tanpa Bahan Kimia
Dengan adanya kemajuan teknologi serta inovasi dalam formulasi nutrisi hidroponik, kini mereka tidak lagi membutuhkan herbisida maupun pestisida yang diramu dari bahan kimia yang memiliki dampak berbahaya terhadap lingkungan, hewan maupun kesehatan manusia.

Check Also

john-edel

The Plant

The Plant memasok seluruh energi dan listrik yang dibutuhkan dari hasil proses sampah organik menggunakan …