Saturday , April 20 2024
Home / Seputar Hidroponik / Hidroponik Untuk Pemula
hydroponic

Hidroponik Untuk Pemula

Perbedaan pupuk hidroponik, organik, dan pupuk biasa

Pupuk hidroponik dan pupuk (biasa) untuk tanaman yang menggunakan metan tanah mengandung 3 nutrisi utama (nutrisi makro) yaitu: nitrogen, fosfor, dan potassium (kalium). Apa yang membedakan mereka adalah kandungan nutrisi mikro dimana dalam pupuk hidroponik semuanya telah tersedia dalam jumlah yang terhitung tetapi tidak demikian pada pupuk organik. Tanaman yang menggunakan pupuk organik masih tetap harus mencari dan menyerap nutrisi mikro dari dalam tanah dan hal ini dapat menjadi masalah apabila persediaan nutrisi mikro ini tidak mencukupi atau habis karena lahan tersebut telah dipakai untuk menanam berkali-kali. Pupuk hidroponik umumnya lebih murni, stabil dan mudah diserap tanaman.

Pupuk organik, dalam banyak hal sangat berbeda dengan pupuk hidroponik atau pupuk biasa baik dari sisi komposisi maupun bagaimana cara nutrisi diserap oleh tanaman. Pupuk organik sangat tergantung dari hasil sinergi bakteria dan mikroba dalam memproses nutrisi agar lebih mudah diserap oleh tanaman. Dengan kata lain, pupuk hidroponik dan pupuk biasa menyediakan nutrisi dalam bentuk yang lebih siap pakai.

Sebelum adanya inovasi serta penyempurnaan formula pada pupuk organik, mereka sangat bertolak belakang dan berbeda. Namun dengan banyaknya kemajuan dalam ilmu pengetahuan, kini mereka juga dapat diaplikasikan untuk tanaman hidroponik. Untuk informasi selengkapnya silakan baca artikel “Hidroponik atau Organik?”.

ab-mix-hidroponik

Nutrisi hidroponik terdiri dari 2 bagian yaitu bagian A dan bagian B, dan biasanya disebut AB Mix. Cara penggunaannyapun  sangat mudah, hanya dengan mencampurkan masing-masing bagian A dan bagian B dengan air, satu persatu secara terpisah, sesuai petunjuk yang diberikan produsen nutrisi tersebut untuk menjadikan larutan stok / pekatan. Larutan stok ini perlu dicairkan lagi dengan air jika hendak digunakan. (Jangan mencampurkan larutan A dan Larutan B sekaligus karena akan terjadi pengendapan).

Check Also

john-edel

The Plant

The Plant memasok seluruh energi dan listrik yang dibutuhkan dari hasil proses sampah organik menggunakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *