Wednesday , April 24 2024
Home / Seputar Hidroponik / Hidroponik Untuk Pemula
hydroponic

Hidroponik Untuk Pemula

Kelebihan & Kekurangan

Setiap teknologi, teknik atau metode pasti memiliki kelebihan serta kekurangannya, demikian pula dengan bertanam menggunakan teknik hidroponik.

Kelebihan

Konservasi Air: tanaman yang menggunakan metan tanah membutuhkan air 10x lebih banyak dibanding sistem hidroponik. Sistem hidroponik sangat ideal untuk menghemat air terutama untuk bercocok-tanam di daerah tandus.

Tingkat Kesuburan: banyak sekali faktor yang dapat memperlambat laju pertumbuhan tanaman yang ditanam menggunakan metan tanah. Kualitas tanah, ketidakseimbangan tingkat pH tanah serta kompetisi dari tanaman sekitarnya dalam menyerap nutrisi tanah adalah faktor penghambat. Dalam sistem hidroponik, faktor-faktor penghambat tersebut tidak dijumpai karena nutrisi telah tersedia dalam proporsi yang seimbang sehingga tidak terjadi kompetisi. Hasil panen sistem hidroponik bisa mencapai 5x lipat dari hasil panen tradisional.

Hemat Lahan: sistem hidroponik dapat diterapkan dimana saja, sepanjang mendapat pencahayaan yang cukup.

Perawatan: metode bercocok-tanam tradisional membutuhkan tenaga dan waktu yang lebih banyak dalam hal perawatan seperti: penyiraman rutin, membersihkan tanaman liar, dll. Sistem hidroponik tidak perlu sama sekali.

Hama & Penyakit: pertumbuhan dan kesehatan tanaman sangat tergantung pada hama yang juga menyebar penyakit. Organisme mikro (mikroba) yang hidup dan berkembang biak pada metan tanah dapat merusak dan menyebar penyakit pada tanaman. Pada sistem hidroponik hal ini hampir jarang dijumpai karena tidak menggunakan metan tanah.

Polusi: pestisida yang dipakai di lahan pertanian tradisional merupakan salah satu agen polusi yang berbahaya bagi lingkungan flora dan fauna di sekitarnya. Pupuk yang terbawa air dan mengendap akan mendorong pertumbuhan algae yang tidak diinginkan.

Kekurangan

Biaya: untuk membangun suatu sistem hidroponik yang dilengkapi pompa air serta rangka dan pipa salurannya dapat menelan biaya cukup mahal.

Listrik: pemadaman listrik yang cukup lama dapat berdampak buruk pada tanaman karena pompa air yang mengatur sirkulasi air yang membawa larutan nutrisi juga berhenti bekerja.

Pengetahuan: untuk menjalankan dan merawat sistem hidroponik dengan benar dibutuhkan pengetahuan mengenai tanaman dan larutan nutrisi yang dibutuhkan.

http://www.youtube.com/watch?v=985rJxlWuWk

Perubahan iklim yang ekstrim akhir-akhir ini menjadi tantangan berat bagi para produsen pangan yang masih menggunakan metode konvensional. Banyak negara maju kini mulai melirik dan mengadopsi metode hidroponik (indoor) yang dalam jangka panjangnya jauh lebih menguntungkan dibanding metode konvensional. Selain semua aspek lingkungan yang dapat diatur dan dikendalikan, hasil panennya juga dapat dinikmati lebih cepat, lebih banyak, dan kualitasnya jauh lebih baik.

Salam Hijau!

Sumber:

Hidroponik
What is Hydroponics?
Powering Plants to Growth Through Hydroponics

Nutrisi
Unsur Hara Makro dan Mikro yang dibutuhkan oleh Tanaman
Nutrisi Untuk Tanaman
Nutrisi Makro
Nutrisi Mikro
Apa Arti Trace Element Pupuk Pertanian?
ROLES OF THE 16 ESSENTIAL NUTRIENTS IN CROP DEVELOPMENT
Fungsi Unsur HAra Makro dan Mikro
Plant Nutrients
Pupuk / Nutrisi Hidroponik AB Mix

Lain-lain
Apa yang dimaksud total disolved solid, dan apa penyebabnya?

 

Check Also

john-edel

The Plant

The Plant memasok seluruh energi dan listrik yang dibutuhkan dari hasil proses sampah organik menggunakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *