Friday , April 26 2024
Home / Seputar Hidroponik / Hidroponik Untuk Pemula
hydroponic

Hidroponik Untuk Pemula

Seberapa rumit berkebun hidroponik?

Bisa rumit namun tidak harus selalu! Paling sederhananya, menanam secara hidroponik dapat dilakukan hanya dengan menanam 1 jenis tanaman dalam 1 kaleng atau wadah yang diisi air yang telah dicampur nutrisi dan dibantu metan selain tanah, tanpa menggunakan listrik, lampu tumbuh (grow light) maupun automatisasi. Itu saja yang dibutuhkan.

Teknik automatisasi hidroponik yang memanfaatkan teknologi mutakhir juga dapat diterapkan. Semua itu tergantung dari daya kreativitas, imajinasi serta dana yang tersedia. Automatisasi yang dimaksud mencakup seluruh aspek manajemen berkebun dari sistem pengairan, pencahayaan, suhu ruangan dan lainnya yang dapat dikendalikan dari jarak jauh melaui laptop atau telpon selular.

Kebanyakan para hobbyist hidroponik menerapkan teknik antara kedua ekstrim diatas. Sistem hidroponik yang paling umum dijumpai menggunakan beberapa komponen yang mudah didapat, antara lain: baki / nampan, tandon air, pompa air yang dapat direndam, timer (pengatur waktu), pompa udara (untuk aquarium), nutrisi siap pakai, dan yang pasti cahaya (matahari atau lampu).

 

Check Also

john-edel

The Plant

The Plant memasok seluruh energi dan listrik yang dibutuhkan dari hasil proses sampah organik menggunakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *