Saturday , January 20 2018
Home / Seputar Hidroponik / Sistem Flood & Drain (Ebb & Flow)

Sistem Flood & Drain (Ebb & Flow)

Banyak alasan mengapa sistem  Flood & Drain (Ebb & Flow) atau bila diterjemahkan: sistem Pasang & Surut sangat popular dikalangan hobbyist / hidroponik perumahan. Sistem ini cukup sederhana dan murah. Kita dapat memanfaatkan hampir semua bahan yang ada di sekitar kita untuk membangun sistem ini. Sistem ini dapat dibangun menyesuaikan ketersediaan ruang dan lingkungan, di dalam maupun di luar rumah, dan semua tergantung dari imajinasi serta daya kreativitas kita. Selain murah, mudah dibangun, tanaman juga tumbuh subur menggunakan sistem ini. Prinsip kerjanya cukup sederhana, sama seperti namanya, akar tanaman dibanjiri dengan air yang telah dicampur larutan nutrisi secara periodik.

ebb-flow-system

Bagian utama dari sistem ini adalah wadah atau rangkaian wadah tanaman yang berisi 1 jenis tanaman atau lebih. Pengatur waktu (timer) akan menyalakan pompa air yang ada di dalam tandon air  dan air yang dipompa mengalir melalui serangkaian pipa membanjiri wadah tanaman sampai mencapai ketinggian yang telah ditentukan oleh ketinggian pipa pembuangan (overflow tube) sehingga akar tanaman terendam seluruhya.

Fungsi pipa pembuangan (overflow tube) adalah untuk mencegah agar air tidak tumpah keluar dari wadah tanaman. Ketinggian pipa pembuangan umumnya 5 cm lebih rendah dari ketinggian wadah tanaman. Air yang mencapai ketinggian pipa overflow akan mengalir kembali ke tandon air. Ketika pompa air padam, sisa air dalam wadah akan dengan sendirinya surut dan terkuras melalui saluran pompa air.

Selamat mencoba & salam hijau!

Sumber:
How to Grow Hydroponically – Overview of Grow Systems
Flood And Drain aka Ebb And Flow Pod System

 

Check Also

john-edel

The Plant

The Plant memasok seluruh energi dan listrik yang dibutuhkan dari hasil proses sampah organik menggunakan …