Thursday , April 18 2024
Home / Seputar Hidroponik / Deep Water Culture (DWC)

Deep Water Culture (DWC)

Deep Water Culture (DWC) adalah salah satu dari 6 jenis teknik hidroponik yang juga sederhana. Cara kerjanya adalah dengan menggantung tanaman pada baki / wadah sehingga akar tanaman tersebut terendam dalam air yang telah dicampur larutan nutrisi dan diberi oksigen. Penempatan netpot (posisi) sangat penting dan harus tepat agar hanya bagian akar saja yang terendam. Pompa udara memegang peranan yang sangat penting dan apabila padam cukup lama dapat menyebabkan pembusukan pada akar.

dwc-system

Kelebihan

  • Tingkat oksigenasi yang tinggi – pemberian oksigen pada zona akar mempercepat pertumbuhan dan perkembangan akar yang dengan sendirinya akan mempercepat laju pertumbuhan tanaman secara menyeluruh.
  • Butuh nutrisi lebih sedikit – karena akar tanaman yang selalu terendam dalam larutan nutrisi maka campuran nutrisi direkomnedasi ¼ dari kebutuhan normal.
  • Perawatan mudah – sistem DWC sangat sederhana dan hanya membutuhkan pompa udara.

Kekurangan

  • Suhu air – air yang dipakai sistem DWC tidak mengalir dan sering menjadi hangat. Terkadang kita kesulitan untuk menjaga agar suhu air tetap berada dibawah 21ºC.
  • Pompa udara – bila pompa udara bermasalah atau padam cukup lama, akar tanaman akan membusuk.
  • Fluktuasi pH & nutrisi – tingkat keasaman (pH) air maupun kepekatan larutan nutrisi di dalam wadah (tandon) sering berubah (fluktuasi) dan harus dilakukan check rutin dan koreksi. Bila kita memiliki 10 sistem DWC, maka kita juga harus melakukan pengecekan satu persatu. Kesulitan lainnya adalah pada saat dibutuhkan koreksi pH dan larutan nutrisi, satu-satunya cara adalah dengan membuka wadah tersebut dan terkadang hal tersebut tidak mudah pada saat tanaman telah tumbuh besar.

DWC sangat cocok untuk tanaman usia pendek (30 – 45 hari panen) seperti selada, dan kurang tepat untuk tanaman besar dan usia panjang.

Selamat mencoba dan salam hijau!

Sumber:
Basic Hydroponic Systems and How They Work

 

Check Also

john-edel

The Plant

The Plant memasok seluruh energi dan listrik yang dibutuhkan dari hasil proses sampah organik menggunakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *